AKP Benny Cahyadi “Pemburu” Orang Gila di Cianjur

NTMC POLRI – AKP Benny Cahyadi, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Cianjur ini tidak hanya berurusan dengan pelaku kejahatan, namun juga kerap mencari gelandangan dan penderita gangguan jiwa.

‘Memanusiakan Manusia’ begitu Benny menyebut aksi sosialnya itu. Menggunakan kendaraan patroli ‘backbone’, Benny mulai menyasar pasar dan jalanan ramai di sekitar Kota Cianjur. Ketika menemukan penderita gangguan jiwa, tanpa ragu Benny mengajaknya untuk naik ke atas kendaraan patroli yang ia kemudikan.

Berbekal gunting cukur, sikat dan shampo tanpa ragu Benny memandikan mereka. Setelah bersih ia berikan pakaian layak dan bekal makanan. “Sekedar panggilan sosial, ketika mereka kita perlakukan layak bukan tidak mungkin mereka bisa kembali hidup normal,” kata Benny, Rabu (7/6).

Menurut Benny, penderita gangguan jiwa layaknya orang normal juga memiliki hak yang sama. “Mereka berhak mendapat kehidupan layak, dan apa yang saya lakukan mungkin tidak memberikan banyak perubahan namun minimal dengan kegiatan ini bisa sedikit membantu mereka dan memberikan contoh bagi masyarakat lain,” lanjut Benny.

Benny mengaku sudah menjalani aktivitas tersebut hampir selama 5 bulan lamanya. Dua kali dalam satu minggu kegiatan itu dia lakukan bersama anak-anak buahnya. Ia paham benar bagaimana cara membujuk mereka agar mau dimandikan dan diberi pakaian layak.

“Kita enggak bisa asal bicara, karena mereka enggak mengerti dengan apa yang coba kita sampaikan. Mereka bisa ngerti kalau pakai bahasa isyarat dan sebatang rokok, baru kita ajak naik kendaraan dan mandikan,” ucap Benny.

“Sekali lagi saya hanya memberi sedikit kebaikan bagi mereka yang punya keterbatasan, bukan untuk ria apalagi sombong dan aksi yang saya lakukan tidak mengganggu kewajiban saya sebagai abdi negara,” imbuh Benny.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Didi