images-22

Aplikasi ‘E-Moci’ Inovasi Polresta Sukabumi Dekatkan Warga Dengan Polisi

NTMCPOLRI – Kepolisian Republik Indonesia kembali lahirkan inovasi pengembangan aplikasi mobile online. Kali ini aplikasi inovasi diciptakan oleh Polresta Sukabumi, Jawa Barat.

Inovasi pengembangan dan penciptaan yang terus digencarkan jajaran Polri tak lain guna untuk meningkatkan, mempercepat, dan mempermudah pelayanan Kepolisian kepada warga masyarakat.

Aplikasi yang saat ini tengah dikembangkan Polresta Sukabumi diketahui diberi nama E-Moci (Electronic Mobile Centre and Information) ini lengkap tersedia informasi pelayanan lalu lintas, info orang hilang, pengaduan, hingga identitas pelaku kejahatan yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Polisi.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur saat dikonfirmasi menyebutkan inovasi pengembangan aplikasi dengan nama E-Moci ini sebenarnya terinspirasi dengan makanan khas Kota Sukabumi yaitu kue Moci. Dalam aplikasi ini semua layanan kepolisian bisa dengan mudah di akses hanya melalui layar ponsel.

“aplikasi yang sengaja dibuat pihaknya sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik berbasis teknologi informasi”, imbuhnya.

Tak hanya itu, Rustam menerangkan penciptaan aplikasi ini berkaitan dengan Commander Wish pimpinan tertinggi Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian jika polisi saat ini harus profesional modern dan terpercaya.

Peningkatan pelayanan serta memudahkan publik agar dekat dengan layanan kepolisian melalui aplikasi menjadi acuan dasar kami menciptakan aplikasi ini, papar Rustam.

Rustam menerangkan, dalam aplikasi E-Moci dilengkapi dengan identitas dan foto pelaku kejahatan yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan berlaku secara nasional. Tak hanya itu, aplikasi ini akan terpantau selama 24 jam bagi warga yang membutuhkan layanan kepolisian.

“Setiap ada laporan, baik itu pengaduan atau layanan informasi lainnya terkait kepolisian di wilayah hukum kami akan dipantau oleh petugas atau operator yang bersiaga di Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) jadi dengan begitu masyarakat juga akan merasa lebih dekat dengan polisi layanan kepolisian hanya sejangkauan jari,” tandasnya.

Terkait dengan itu pula, untuk pelayanan lalu lintas pun telah tersedia e-tilang yang diluncurkan Korps.Lalulintas Polri beberapa waktu lalu. Dengan begitu, warga Kota Sukabumi bisa memproses tilang melalui layar ponsel.


Was This Post Helpful:

1 votes, 5 avg. rating

Share:

Faris