Bahas Konflik Rohingnya, Kapolri Akan Temui Kepala Kepolisian Myanmar

NTMC POLRI – Viralnya kasus kekerasan yang menimpa etnis Rohingnya dari tempat mereka tinggal di Rakhine Stat, Myanmar menjadi sorotan dibelahan dunia, khususnya Indonesia. Untuk itu, Kapolri Jendral Pol M Tito Karnavian akan menemui Kepala Kepolisian Myanmar di ajang 37th ASEAN National Police (Aseanapol) Conference pada 12-14 September 2017 di Singapura guna membahas masalah etnis Rohingya.

“Nanti ada Aseanapol Conference hari Selasa di Singapura. Saya nanti minta waktu lakukan bilateral meeting dengan Kepala Polisi Myanmar untuk diskusikan soal Rohingya,” ujar Jenderal Tito.

Tito mengatakan, Polri mendukung langkah diplomasi pemerintah dalam misi kemanusiaan Rohingya di Myanmar. Polri juga akan menjaga Kedutaan Besar Myanmar di Indonesia. Di samping itu juga ada bantuan kemanusiaan yang melibatkan 11 lembaga Indonesia. Tentu ini yang dibutuhkan mereka.

“Kami paham bahwa Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan pernyataan. Kemudian kita juga tahu Menteri Retno sudah dikirim ke sana. Pembicaraan diplomasi ini jauh lebih efektif. Dari kepolisian tentu prinsipnya dukung langkah-langkah pemerintah,” katanya.

Ia mengakui prihatin atas konflik itu, dan berupaya membuka komunikasi dengan pemimpin Kepolisian Myanmar guna membantu mencegah lebih banyak korban di kalangan masyarakat.

“Sebagai umat Muslim, saya prihatin dengan persoalan ini,” kata Jenderal Tito.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

nur aini