BMKG Prediksi Sebagian Jateng Berpotensi Hujan di Hari Coblosan

NTMC POLRI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperikrakan, sebagian wilayah Jawa Tengah akan turun hujan pada Rabu (17/4) pagi. Untuk itu, para petugas TPS dan juga pemilik hak suara diimbau agar antisipasi hujan saat hari pemungutan suara.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, mengatakan saat ini sedang terjadi masa transisi dari musim hujan ke kemarau.

“Di bulan April, di Jawa Tengah masih musim hujan. Ada beberapa daerah sudah masuk kemarau. Dengan kondisi ini sebagian besar masih hujan,” kata Iis, Senin (15/4/2019).

Pada masa transisi atau pancaroba, lanjut Iis, bisa terjadi cuaca ekstrem. Ia menjelaskan di hari pemungutan suara, 17 April 2019, berpotensi hujan ringan di wilayah selatan dan Pantura Jawa Tengah.

“Tanggal 17 itu untuk pagi berawan sampai potensi hujan ringan di pesisir selatan dan Pantura,” ujarnya. “Tapi hujannya ini sifatnya lokal ya,” imbuh Iis.

Namun, menurut Iis, antisipasi pengamanan surat suara dan lainnya tetap harus dilakukan karena sehari sebelumnya, atau Selasa (16/4) besok berpotensi hujan ringan hingga lebat sekitar siang hingga sore hari.

“Tanggal 16, secara umum pagi berawan, siang hujan ringan juga potensi hujan lebat,” jelasnya.

Potensi hujan pada tanggal 16 diperkirakan berlangsung sebentar namun intensitasnya tinggi. Sehingga menurut Iis perlu diwaspadai. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi di Eks Karisidenan Surakarta, pegunungan tengah, Pantura barat, Pantura tengah, Pantura selatan, siang sampai sore.

“Kalau bisa diantisipasi, biasanya hujan sebentar tapi intensitas tinggi, lebat. Yang penting ada persiapan, untuk surat suara dan sebagainya,” jelas Iis.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

nur aini