NTMC POLRI - Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jendral Drs. Badrodin Haiti melakukan mutasi lima Kapolda dan perwira tinggi di jajaran Mabes Polri.

Mutasi itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Nomor: ST/936/IV/2016 yang ditandatangani Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Sabar Rahardjo.

Salah satu pejabat tinggi polri yang dimutasi adalah Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Drs. Condro Kirono, MM., MHum yang dimutasi menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah. Posisi Kakorlantas langsung digantikan oleh Brigjen Pol Agung Budi Maryoto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalsel.

Bagi Korlantas Polri sosok Brigjen Pol Agung Budi bukanlah orang asing, sebab dalam masa karirnya sebagai pejabat tinggi Polri, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Wakakorlantas) mendampingi yang kala itu posisi Kakorlantas dipegang oleh Irjen Pol. Pudji Hartanto pada tahun 2012.

Brigjen Pol Agung Budi merupakan lulusan Akpol 1987. Beliau lahir pada Tahun 1965 dan resmi menyandang bintang satu sejak Tahun 2012.

Selama berkarir di kepolisian, Agung pernah menduduki sejumlah jabatan, diantaranya, Kapolres Kota Dumai (Tahun 2006 dengan pangkat AKBP), Kapoltabes Yogyakarta (Tahun 2007 dengan pangkat Kombes).
Tahun 2009 menjabat Dirlantas Polda Jabar dan Tahun 2010 menjabat Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya.
Kemudian pada 3 September 2012, Agung mendapat promosi menjadi Wakil Kepala Korps Lalu Lintas Polri dengan pangkat Brigjen. Agung menggantikan Brigjen Pol Didik Purnomo.
Pada 21 April 2014, Agung diangkat menjadi Karodalops Sops Polri. Kemudian pada 2015, Agung diangkat menjadi Kapolda Kalsel menggantikan Brigjen Pol Machfud Arifin yang diiangkat menjadi Kadiv TI Polri.

Share:

Firmansyah