Ditlantas Polda Metro Terjunkan 778 Personil dalam Pengamanan Libur Maulid, Natal dan Tahun Baru

NTMC POLRI –┬áJelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari Jumat 1 Desember 2017, para instansi terkait dari Korlantas Polri, Kemenhub, Jasa Marga, Jasa Raharja, BPJT dan instansi terkait lainnya melakukan penguatan koordinasi dalam rangka pengamanan arus lalu lintas libur Maulid, Natal dan Tahun Baru 2018.

Rapat koordinasi digelar di kantor Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek yang dihadiri oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin beserta pejabat Korlantas Polri, Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Pandu Yunianto beserta pejabat Kemenhubdar, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagara, AKBP Joni SOPS Mabes Polri, dan para perwakilan Instansi terkait. Rabu (29/11).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagara dalam rapat koordinasi yang dipimpin Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin, menyampaikan bahwa 778 Ditlantas Polda Metro Jaya siap memberikan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas dalam rangka libur panjang Maulid, Natal dan Tahun Baru.

Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberikan meningkatkan pengamanan pada titik-titik lokasi rawan kemacetan, seperti Rest Area dan Gerbang Tol. Peningkatan pengamanan juga akan dilakukan disepanjang jalan tol JORR, Cikunir dan tol Dalam Kota hingga Cikarang Utama.

“Sebanyak 778 Personil Ditlantas Polda Metro Jaya akan kami sebar, mulai dari pintu masuk tol Merak-Jakarta hingga gerbang Cikarang Utama”, ujar Halim.

Untuk libur Natal, Halim Pagara memprediksi puncak kepadatan kendaraan akan terjadi di gerbang tol Cikarang Utama pada tanggal 22 Desember 2017. Langkah antisipasi yang akan diambil jajaran polisi lalu lintas bersama instansi terkait masih seperti pada pengamanan pada libur lebaran 2017 lalu, dimana rekayasa lalu lintas seperti pengalihan arus jika terjadi penumpukan di gerbang Cikarang Utama akan dialihkan keluar di gerbang Cikarang Barat, contra flow hingga buka tutup arus lalu lintas juga akan diberlakukan secara situasional. Para petugas kepolisian juga nantinya akan membantu petugas di pintu-pintu tol. Namun jika kepadatan masih terjadi di gerbang tol Cikarang Utama, maka pembayaran tol akan digratiskan demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat.

“Untuk pembayaran tol gratis akan diberlakukan, tentunya atas persetujuan Instansi terkait dan juga Kakorlantas Polri”, tambah Halim.

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Didi