Kakorlantas : Ada Tiga Opsi Hindari Ganjil-Genap Tol Tangerang

NTMC POLRI – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M bersama Kepala BPTJ Bambang Prihartono memantau langsung hari pertama pemberlakuan uji coba ganjil genap di tol Jakarta-Tangerang tepatnya di GT Kunciran 2 mengarah ke Jakarta, Senin (16/4/2018).

Kebijakan ini akan dimulai pada hari ini, Senin 16 April 2018 pukul 06.00 – 09.00 wib. Kakorlantas menjelaskan, tahap uji coba kebijakan ini akan berlangsung hingga dua pekan ke depan.

 

Penerapan kebijakan di ruas tol Jakarta-Tangerang tidak jauh berbeda dengan yang sudah diterapkan di Bekasi, yakni selain pengaturan ganjil genap pada dua GT arah Jakarta, yakni GT Cikunir 2 dan Tangerang 2, pemerintah juga menyediakan moda transportasi publik untuk tujuan Jakarta, serta pembatasan jam melintas pada kendaraan golongan berat atau barang mulai Cikupa hingga Tomang pada dua arah.

Kakorlantas memberikan tiga pilihan kepada masyarakat untuk menghindari ganjil genap di ruas Tol Tangerang.

“Ada tiga pilihan, bukan kita melarang. Bisa lewat rute lain atau pintu lain, contohnya Karawaci atau Raya Serpong yang tembus Tol BSD ya atau bisa lewat agak jauh dikit, Daan Mogot,” ucap Royke saat meninjau langsung uji coba ganjil genap di Tol Kunciran, dekat IKEA Alam Sutera, Tangerang, Senin (16/4/2018).

Kedua, lanjut Royke, pengendara bisa pergi sebelum jam ganjil genap diberlakukan atau memundurkan waktu keberangkatan. Ganjil genap sendiri mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

“Terus kedua pilihan waktu. Selain jam 06.00 WIB sampai jam 09.00 WIB lebih awal atau kapan selain jam 06.00 WIB atau 09.00 WIB,” paparnya.

Pilihan terakhir, kata Royke, pengendara bisa menggunakan moda transportasi umum yang telah disiapkan dalam langkah ujicoba ganjil genap.

“Tadi kita lihat ada 10 bus yang lewat, rata-rata animonya 50 persen,” tutupnya.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

nur aini