Kakorlantas Pimpin Olah TKP Kecelakaan Bus Maut di Tanjakan Emen

NTMC POLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M.. langsung meninjau lokasi terjadinya kecelakaan bus maut F 7959 AA di Tanjakan Emen Subang, Jawa Barat.  Minggu (11/2).

Hingga pada siang hari ini team Korlantas Polri yang dipimpin oleh Kakorlantas Polri menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) yang terjadi di Tanjakan Emen. Kondisi jalan yang menanjak dan ektreme, serta kecelakaan yang mengakibatkan tewasnya 27 penumpang menjadi perhatian khusus Kakorlantas yang langsung turun ke lokasi untuk memantau langsung bagaimana situasi sarana dan prasarana jalan di kawasan tersebut.

“Saat ini penyidik kecelakaan lalu lintas sedang melakukan olah TKP lebih khususnya melakukan Traffictext Accident Analisis (TAA) untuk mengetahui secara ilmiah apa penyebab terjadinya kecelakaan ini,” ujar Kakorlantas.

Kakorlantas menambahkan, walaupun menurut saksi-saksi ada kesalahan pada rem bus yang tidak berfungsi dengan baik, namun hal lain juga dari penyebab kecelakaan ini akan dicari, karena jalan ini sangat terkenal dikalangan masyarakat akan rawannya kecelakaan.

“Nanti kami akan sampaikan untuk perlu diperbaiki geometris di jalan ini. Kami menghimbau kepada Po bus yang membawa penumpang banyak ataupun angkutan reguler untuk berhati-hati ketika menghadapi turunan ini”, tambah Kakorlantas.

Sebelumnya, pada pagi hari Olah TKP awal digelar oleh TIM dari Polda Jabar, Korlantas Polri, dan Polres Subang di lokasi kecelakaan bus maut rombongan anggota Koperasi Permata Ciputat yang menumpang bus dengan menewaskan 27 ‎orang di Tanjakan Emen, tepatnya di Kampung Cicenang Desa Ciater Kecamatan Ciater Kabupaten Subang.

Olah TKP menggunakan sejumlah alat yakni Varo yang berfungsi untuk memetakan lokasi secara tiga dimensi.

Arus kendaraan pun sempat diberhentikan sementara dari arah Bandung maupun Subang menunggu proses olah TKP dilakukan.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Firmansyah