NTMCPOLRI - Jakarta (11/1). Menyusul pemberitaan yang marak terkait pengelompokan SIM C dalam beberapa hari terakhir, baik yang beredar di media online, media cetak, televisi, maupun sosial media, Kakorlantas POLRI, Irjen Pol Condro Kirono menegaskan hal tersebut masih sebatas wacana dan dalam tahapan proses pendalaman.

Irjen Pol. Drs. Condro Kirono menegaskan bahwa terkait SIM C, saat ini masih berlaku sesuai dengan peraturan yang ada dan belum ada perubahan apapun.

Terkait pengelompokan kategori SIM C ini diperlukan kompetensi para pengendara sebagai bahan pertimbangan kemampuan dan keterampilan dari masing-masing karakteristik manuvering kendaraan yang berbeda-beda untuk itu diperlukan kompetensi. Terkait hal ini, nantinya pihak korlantas akan mempertimbangkan masukan IMI pusat dan instansi terkait. “Apabila terjadi perubahan pastinya masih membutuhkan proses yang sangat panjang dan tentunya akan disosialisasikan terlebih dahulu melalui tahapan pemberlakuan perundang-undangan yang ada serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung yang ada.

Oleh karenanya terkait akan diberlakukannya pengelompokan kategori SIM C tersebut, informasi dan sosialisasi akan disampaikan jika sudah ada perubahan baik peraturan Kapolri dan aturan-aturan lainnya maupun sarana dan prasarana pendukung apabila sudah terpenuhi” jelas Kakorlantas POLRI, Irjen Pol Condro Kirono yang hadir di gedung KORLANTAS POLRI, jalan MT Haryono Kav 37-38, Jakarta Selatan, Senin siang (11/1) tadi.

Kakorlantas POLRI membenarkan jika kedepannya terdapat pengelompokan SIM C, antara lain ; SIM C untuk sepeda motor sampai dengan berkapasitas 250CC, SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas diatas 250 sampai dengan 500CC dan SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin diatas 500CC.

“Saya tegaskan sekali lagi, hal tersebut masih dalam proses pembahasan” Jawab Kakorlantas POLRI, Irjen Pol Condro Kirono menjawab pertanyaan wartawan terkait pemberitaan yang beredar.


Share:

Firmansyah