Kakorlantas : Tiga Tol Fungsional Siap Dilalui H-10 Lebaran

NTMC POLRI – Kepala Korps Lalulintas Polri hari ini meninjau langsung kesiapan pengamanan arus mudik di tiga tol fungsional yang berada di Jawa Timur hingga Jawa Tengah. Tol fungsional tersebut yakni tol SUMO (Surabaya-Mojokerto), tol MOKER (Mojekerto-Kertosono), dan tol SOKER (Solo-Kertosono), Rabu (14/6/2017).

Diketahui sebelumnya Kakorlantas melakukan perjalanan hari ini dimulai dari Surabaya melalui Mojekerto, Jombang, kemudian nganjuk, ngawi dan Sragen serta wilayah Jawa Tengah khususnya bilangan Karanganyar kecamatan suromadu, Boyolali dan Sokoarjo.

“Tinjauan kami sebagian melihat fungsi infrastruktur tol fungsional.” Ucapnya.

Kakorlantas Polri pun menyebut hadirnya tol fungsional ini sangat memang dan bermanfaat untuk mengurai kemudian di dalam provinsi, arteri atau jalan utama antara surabaya,mojekerto,jombang, sampai ke jawa tengah, (Karanganyar, Boyolali dan Surakarta). Seperti pada wilayah Mantingan dan juga dikota Sragen yang tiap tahun kerap dihantui kemacetan. Dikecamatan Jateng Karanganyar tepatnya di pertigaan Kertosuro pastilah sangat terbantu dengan hadirnya tol ini.

“Soker (solo kertosono) sangat membantu memperlancar kebuntuan/kemacetan yang terjadi di hari hari puncak libur apalagi mudik, sebut saja daerah krian itu sangat padat, krokodo,kemudian mojekerto dikotanya,jombang apalagi,daerah mangreg itu sangat parah karena ada rel kereta api yang membentang.” paparnya.

Sesuai dengan komitmen kita semua dari bpjt, pihak waskita tol, kementrian perhubungan PUPR, bahwa pada H-10 sudah selesai dan paling lambat selambat-lambatnya bisa dioprasionalkan tanggal 19 juni mendatang.

“Tol ini tidak hanya dibuka bukan hanya ketika sudah terjadi kepadatan di jalan arteri, namun sejak arus mudik dimulai,” tegas Kakorlantas.

Namun jam operasional ini dibatasi dengan dibuka sejak pagi pukul 06.00 hingga sore pukul 17.00 WIB.

“Untuk ketiga tol fungsional hanya berlaku untuk satu arah. Seperti untuk to SUMO (surabaya-mojekerto) kiblat brangkatnya dari Surabaya mengarah ke Mojekerto dan Jombang. Sedangkan fungsional tol Soker berlaku satu arah pada arus mudik menuju widoderen dan menuju satu arah ke arah sebaliknya pada arus balik,” jelasnya.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Fachrul Rizal