Kapolri Berencana Ganti Seluruh Jabatan Polresta Bandara Dengan Polwan

NTMCPOLRI – Dalam merayakan hari ulang tahunnya yang ke-69 (HUT ke-69) Polisi Wanita (Polwan), Polri menggelar acara syukuran di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (11/9/2017).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian beserta istrinya Tri Suswati. Tak cuma itu, acara ini juga dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Basarai Panjatian, dan pengusaha Mooryati Soedibyo.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyebut, hingga kini komposisi polisi wanita (polwan) masih jauh dari cukup. Polwan hanya mengisi lima persen dari seluruh jumlah polisi yang ada.

Kapolri Tito memaparkan, di negara maju, kuantitas polwan cukup banyak yakni mencapai 25 persen. Bahkan, kata dia, para polwan di negara maju menduduki jabatan yang strategis di kepolisian seperti Kepala Antiteror di London dan Deputi Komisioner di Australia.

“Kalau seandainya kelebihan ini enggak bisa dipertanggungjawabkan, dipertahankan ada yang korupsi, image ini hilang dan kelebihan ini enggak bisa jadi peluang penting untuk bersaing,” tutur Kapolri

Untuk memberikan kesempatan pada perempuan, Tito menyebut rencana bakal mengganti seluruh ‘isi’ di Polresta Bandara. Seluruh petugas di polisi bandara bakal diisi oleh polwan.

Mulai dari Kapolres hingga jabatan yang paling rendah. Selain itu, Kapolri berencana bakal memberikan biaya operasi yang cukup dan tunjangan kinerja 70 persen.

“Kita lihat ada perubahan tidak di situ. Di situ banyak problem, TKI, TKW yang datang ke sana diperes. Jangan-jangan polisinya juga meres. Kalau polwan masa meres TKW,” kata Tito.

Tito menambahkan, keingingan mengisi 20 persen polwan di tubuh Polri akan dilakukan bertahap. Yang paling penting, saat ini bisa menekan budaya koruptif.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris