Kapolri Beri Reward Atas Kemuliaan Hati Sosok Bripka Yumanto

NTMCPOLRI – Bripka Yumanto, anggota Satlantas Polres Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, tak mengira dirinya secara resmi diundang oleh pimpinan tertinggi institusinya yakni Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian untuk makan bersama diruang kerja Kapolri Tito pada Senin, 22 Januari 2018, lalu.

Pasalnya diketahui, undangan tersebut diterimanya setelah Kapolri Tito melihat langsung siaran video yang tidak disengaja direkam oleh warga dan viral lantaran aksi mulia anggotanya, Bripka Yumanto sedang memberi makan sekaligus menyuapi seorang bapak ‘tunawisma’ yang tak dikenal dan sedang kelaparan.

Dalam video yang heboh oleh netizen tersebut nampak Yumanto menyuapi orang tua yang tidak dikenal saat polisi itu bertugas di Pos Lalu Lintas di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Karopenmas Divhumas Mabes Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal menyampaikan, apa yang telah dilakukan Yumanto murni tergerak dari dalam hatinya dan bukan rekayasa. Apa yang dilakukan oleh Yumanto memang pantas untuk diberikan apresiasi.

“Kapolri ngundang makan siang (Yumanto) karena video viral, ya memberikan apresiasi. Itu memang betul-betul menghayati Tupoksi Polri sebagai pelindung pelayan pengayom masyarakat,” kata Iqbal di Aula PTIK/STIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (24/1).

Undangan makan terhadap Yumanto itu juga keinginan dari Kapolri, yang memang menurutnya peristiwa itu merupakan baik. Dan undangan makan tersebut bukan hanya makan biasa saja, tapi juga dirinya langsung diberikan penghargaan oleh Kapolri yang memang tak diberi tahu olehnya.

“Keinginan Kapolri langsung, tujuannya adalah agar sosok Yumanto itu terus menjadi polisi baik, humanis, hingga dapat menularkan aksi terpujinya kepada anggota Polri diseluruh Indonesia.

Dalam undangan makan bersama tersebut Yumanto hadir didampingi sang isteri. Jajaran pejabat utama Polri seperti Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto, Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa dan Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal turut juga hadir memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada Bripka Yumanto.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Polisi Dicky Sondani mewakili Kapolda Sulsel Irjen Umar Septono, serta Kasat Lantas Polres Kabupaten Barru, AKP Darmawaty, bersama Kapolres Barru sangat memuji tindakan yang dilakukan bawahannya itu. Seluruh jajaran Polda Sulsel dan Polres Kabupaten Barru menyampaikan rasa haru bercampur bangga karena mempunyai anggota seperti Bripka Yumanto yang memiliki prilaku hebat dan terpuji. Ia juga mengaku sangat mengapresiasi tindakan Bripka Yumanto.

“Kita sangat sangat mengapresiasi tindakan Bripka Yumanto, kepada sesama manusia. Semoga Bripka Yumanto ini bisa menjadi inspirasi bagi semua anggota Polri untuk berbuat yang humanis kepada siapa saja,” kata Dicky.

Diketahui, aksi mulia Bripka Yumanto bermula ketika dirinya tidak tega melihat seorang bapak sedang sangat kelaparan. Lalu Bripka Yumanto membelikan nasi bungkus dan menyuapi bapak itu dengan tangannya sendiri, layaknya menyuapi ayah kandungnya sendiri.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris