Kapolri, Medali Bhayangkara Utama: KaBIN Budi Gunawan Tokoh ‘Think Tank’ Reformasi Reorganisasi Polri

NTMCPOLRI – Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menerima tanda kehormatan tertinggi atau medali Bhayangkara Utama yang disematkan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Selasa (7/8), Auditorium PTIK, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Prosesi penganugerahan medali tersebut bersamaan dengan enam tokoh lainnya yang dianggap telah berkontribusi dan berjasa besar membantu tugas institusi Polri. Keenam lainnya yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf TNI AL Siwi Sukma Adji, dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Kapolri Jenderal Tito menyampaikan bahwa Bintang Bhayangkara Utama adalah penghargaan tertinggi yang diberikan langsung Presiden atas rekomendasi Kapolri atas peran penting dan jasa besarnya dalam pengembangan Polri.

“Medali untuk Bapak Kepala BIN, Jenderal Purn Budi Gunawan, selain beliau senior saya di tubuh Polri, dikarenakan beliau adalah tokoh atau sosok yang paling sangat amat banyak berjasa kepada Polri,” ucap Kapolri saat ditemui.

Tito mengungkapkan, Budi Gunawan adalah Think Tank dalam berbagai reformasi tubuh Polri. “beliau ini menjadi ‘Think Tank‘ dalam berbagai reformasi polri. Seperti bermula dari pembentukan dan lahirnya UU Polri nomor 2 tahun 2002,” terang Tito.

Lebih lanjutnya, Tito menerangkan diantaranya, organisasi polri yang saat ini dibuat ini dan sekarang ini ada, tokoh ‘think tank-nya’ adalah beliau.

“Beliau adalah tokoh ‘think tank’ Reformasi Polri, sebagai tokoh utama yang menyusun reorganisasi ini,” jelas Tito.

Selain menjadi ‘Think Tank’ dalam Polri, Tito pun menambahkan bahwa sampai sekarang pun peran serta beliau sangat tinggi dalam membantu tugas Polri. Seperti halnya kerjasama dan sinergisitas solid Polri dengan BIN. “kerjasama dan sinergisitas Polri dengan BIN sangat baik dan erat. Kita kerap bertukar informasi dan sinergis dalam rangka untuk menjaga stabilitas KAMTIBMAS,” terang Tito.

“Saya berterima kasih pada pak Budi Gunawan. Bapak sangat berjasa besar dan memberikan sumbangsih besar pada Polri hingga sampai detik ini. Atas nama keluarga besar polri, saya sampaikan Terimakasih sebesar-besarnya atas ketulusannya membantu polri,” pungkas Kapolri.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris