Kapolri Musnahkan 1.400 Senjata Rakitan

NTMC POLRI – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Tito Karnavian, memimpin pemusnahan 1.400 senjata api rakitan di halaman Markas Kepolisian Daerah Sumatera Selatan di Palembang pada hari ini, Senin 9 Januari 2016.

Semua senjata api rakitan itu hasil sitaan polisi dari sejumlah daerah di Sumatera Selatan. Ada yang disita dari operasi razia senjata api dan pula warga sukarela menyerahkannya kepada polisi.

Tito mengapresiasi upaya pemberantasan peredaran senjata api rakitan maupun pabrikan di Sumatera Selatan. Namun, dia mengingatkan akar masalahnya belum terselesaikan. Soalnya, ditengarai banyak lokasi pembuatan senjata api rakitan di provinsi itu, di antaranya di Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Musirawas, dan Empat Lawang.

Pria kelahiran Palembang ini berterus terang mengetahui tradisi masyarakat Sumatera Selatan, yang sering membawa senjata api rakitan, dalam bahasa setempat disebut kecepek. Tradisi itu dahulu berkembang dari kebiasaan masyarakat berburu di hutan dan sebagian yang lain untuk membela diri.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Fachrul Rizal