etilang

Pelanggar Lalulintas di Bandung Tidak Repot Lagi, PN Bandung Sudah Terapkan E-Tilang

NTMC – Terkait salah satu bentuk pelayanan prima demi kepentingan publik. Penerapan sistem tilang elektronik (e-tilang), Pengadilan Negeri (PN) Bandung mulai Jumat 13 Januari 2017 memutuskan tidak memberlakukan sidang tilang kepada pelanggar lalu lintas.

Hal tersebut menjadikan pelanggar lalu lintas hanya perlu melihat nominal denda melalui internet lalu membayar serta mengambil barang jaminan seperti SIM dan STNK di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung.

Panitera Muda (Panmud) PN Bandung Iyus Yusuf saat dikonfirmasi menerangkan, sistem E-tilang ini memudahkan masyarakat terutama pelanggar lalu lintas. Sehingga para pelanggar tidak perlu datang atau menghadiri persidangan di PN Bandung,”.

Diketahui, penyelenggaraan E-tilang merupakan tindak lanjut Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas.

Jadi masyarakat semakin dimudahkan saat mengurus-urus pembayaran denda pelanggaran lalu lintas. Pelanggar yang memiliki handphone dan laptop yang memiliki akses internet bisa melihat nominal denda, setelah itu langsung membayar ke jaksa sebagai eksekutor.

Penerapan e-tilang khusunya bertujuan untuk memangkas birokrasi dan waktu berkaitan sidang tilang yang selama ini digelar tiap Jumat di PN Bandung.

Kita ketahui bersama, sebelum hadirnya sistem e-tilang, di PN Bandung maupun didaerah lain kerap terjadi antrean atau penumpukan saat pelanggar mengikuti sidang dan membayar denda tilang.

Lebih lanjut, sistem e-tilang di Bandung terhubung ke dua laman situs yaitu www.pn-bandung.go.id dan www.kejari-bandung.go.id.

Penghubung laman tersebut guna memudahkan warga untuk melihat sendiri secara langsung denda dan informasi lain dengan menyesuaikan nomor tilang. Kemudian surat tilang harus dibawa saat melakukan pembayaran dan pengambilan SIM atau STNK di kantor Kejari Bandung.

Bila warga tidak mempunyai sarana penunjang internet, PN Bandung tiap Jumat menyiapkan cara manual berupa memasang kertas di papan pengumuman.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris