Personil Gabungan Jaga Ketat KPU

NTMCPOLRI – Polisi dan TNI menjaga ketat Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang proses pendaftaran Pilpres 2019. Ribuan personel dikerahkan.

“Jumlah pasukan dari TNI, Polri,  utamanya Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya, serta instansi terkait, kurang lebih ada empat ribu orang,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 10 Agustus 2018.

Pengamanan di Kantor KPU, kata Roma, dibagi tiga ring. Kawasan Ring 1 meliputi bagian dalam kantor KPU, Ring 2 meliputi halaman, dan Ring 3 meliputi jalur di sekitar kantor KPU.

“Pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup,” kata Roma.

Roma mengatakan pengamanan tidak hanya terpusat di Kantor KPU. Aparat juga mengamankan simpul-simpul yang akan dilintasi rombongan calon presiden dan calon wakil presiden menuju KPU.

“Perlakuan (pengamanan) sama ke semua capres. Dari berangkat, masuk ke KPU, sampai kembali ke tempat masing-masing,” ujar dia.

Pengalihan arus di seputaran kantor KPU dilakukan situasional. Saat ini, Jalan Imam Bonjol tepat di depan KPU sudah ditutup untuk umum.

Mekanisme pengamanan maupun penutupan jalan dilakukan hingga proses pendaftaran selesai. Roma berharap massa tenang selama proses pendaftaran.

“Saya harap kita tidak ada bentrok, karena ini bagian proses kita belajar berdemokrasi,” ucap dia.

Hari ini, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden mendaftar ke KPU. Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dijadwalkan mendaftar lebih dulu sebelum salat Jumat.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno rencananya mendaftar selepas salat Jumat.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris