Polda Banten Akan Kawal Proses Distribusi Surat Suara untuk Pilgub

NTMC POLRI – Kepolisian Daerah (Polda) Banten memastikan akan ikut mengawal langsung proses distribusi surat suara untuk Pilgub Banten 15 Februari 2017 mendatang. Distribusi surat suara tersebut akan dilakukan pada 14 Januari 2017 mendatang.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan pola pengawalan yang akan diterapkan pihaknya ini bukan hanya pada saat pendistribusian ke setiap daerah, namun juga pada saat proses pencetakan surat suara tersebut.

“Untuk di tempat-tempat pencetakan surat suara sendiri, pada saat mencetak akan kita awasi. Sehingga yang akan dicetak dan yang akan didistribusikan jumlahnya sesuai,” kata Sigit, Rabu (11/1).

Sigit mengharapkan agar proses distribusi surat suara tersebut bisa dilaksanakan sesuai prosedur sehingga kekhawatiran akan terjadinya manipulasi surat suara bisa lebih ditekan. “Di luar itu, kita juga tidak ingin surat suara yang beredar jumlahnya tidak sesuai,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan rapat dengan pihak terkait seperti KPU dan Bawaslu untuk bersama-sama melakukan pengamanan. “Kita pastikan posisi (surat suara dan kotak suara) sampai akhir dalam kondisi sama. Itu yang paling penting,” tuturnya.

Sementara, mengenai pola pengamanan di gudang tempat penyimpanan surat suara sendiri kata Sigit, Polda akan menempatan personel dengan sistem pergantian shift. “Kita tempatkan personel untuk mengawasi prosesnya. Tapi personel yang ditempatkan itu tidak terlibat langsung, hanya mengawasi saja,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua KPU Banten Agus Supriyatna menegaskan bahwa pencetakan 7,9 juta surat suara sudah mulai dilaksanakan, Rabu (11/1). Untuk distribusi sendiri, ia memastikan jika surat suara tersebut akan disebar pada 14 Januari 2017 ke setiap daerah yang ada di Provinsi Banten.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Fachrul Rizal