Polres Pacitan Akan Berlakukan Pembayaran SIM Non Tunai

NTMC POLRI РDengan adanya, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Polres Pacitan dengan sejumlah penyedia jasa keuangan, kini pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) di Pacitan akan menikmati fasilitas pembayaran non tunai.

“Bersamaan launching gedung Satpas yang baru nanti semua pembayaran dilakukan secara cashless. Jadi nggak ada lagi pembayaran tunai,” kata Kapolres Pacitan AKBP Setyo Koes Heriyatno, Rabu (7/11/2018).

Pemanfaatan fasilitas tersebut dipastikan mempercepat pelayanan. Selain itu, sistem yang digunakan juga diyakini efektif. Termasuk di antaranya dalam membasmi praktik pungli.

 

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Miftahul Amin menambahkan untuk kelancaran pembayaran non tunai, pihaknya menyiapkan petugas khusus. Ini terutama bagi warga yang masih belum familiar dengan sistem berbasis teknologi informasi tersebut.

Petugas, lanjut perwira asli Jombang ini, akan memberikan panduan serta siap diajak konsultasi. Sehingga seiring pemberlakuan kebijakan baru tersebut, masyarakat diharapkan makin terbiasa dengan model transaksi elektronik.

“Ya. Jadi diharapkan untuk (pembayaran) non tunai semua. Tentunya pembiasaan membutuhkan proses. Makanya kita siap memberi panduan bagi pemohon yang membutuhkan,” tambahnya.

Untuk diketahui, Polres Pacitan tengah membangun gedung Satpas SIM. Lokasinya di halaman gedung Graha Bhayangkara, Jalan Ahmad Yani samping mapolres. Fasilitas tersebut akan dilengkapi sistem FIFO (first in first out). Pemberlakuan sistem cashless rencananya dilakukan bersamaan peresmian gedung akhir Nopember 2018.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

nur aini