Satlantas Polres Klaten Adakan Sosialisasi Tertib Berlalu-lintas

NTMC POLRI – Satlantas Polres Klaten bersama jajaran kepolisian Polsek Delanggu menggelar sosialisasi UU No.2 tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan di Aula Polsek Delanggu, pada Kamis (13/09) malam. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut atas maraknya kecelakaan lalulintas yang terjadi beberapa waktu terakhir ini.

Sosialisasi diikuti oleh Kepala Desa, tokoh masyarakat, kepala sekolah tingkat SMP dan SMA hingga perusahaan jasa angkutan yang ada di Kecamatan Delanggu. Tak hanya itu, sejumlah aparat kepolisian dari berbagai satuan juga ikut serta dalam kegiatan tersebut, termasuk bhabinkamtibmas dari polsek setempat.

“Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan, yang pertama kita adakan di Delanggu. Karena dalam kurun waktu Juli hingga Agustus, Delanggu menjadi lokasi terbanyak kecelakaan,” ujar Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono melalaui Kanit Registrasi dan Identifikasi, Iptu Rizky Widodo.

Disampikan, fokus dalam sosialisasi ini adalah menekan kalangan pelajar untuk tidak mengendarai sepeda motor. Mengingat pada pekan lalu kecelakaan lalulintas yang melibatkan pelajar terjadi selama dua hari berturut-turut. Dari kasus itu, hampir kebanyakan terjadi di jalan perkampungan atau pinggiran.

“Trend kecelakaan saat ini sudah beruban, sekarang sudah pindah ke jalur perkampungan. Berbeda dengan sebelumnya yang didominasi terjadi di jalan raya Jogja-Solo,” imbuhnya.

Atas keprihatinan itu, polisi meminta kepada semua pihak untuk ikut serta dalam mengingatkan kalangan pelajar. Pasalnya saat ini untuk melakukan hal itu tidak bisa dilakukan kepolisian seorang, melainkan menjadi tanggung jawab bersama yakni sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar.

“Kita ingin semua tahu bahwa, kecelakaan lalulintas itu menimbulkan banyak kerugian. Sehingga bagaimana kita ingatkan anak-anak ini agar lebih paham,” pungkas dia.


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Tags:
Share:

Firmansyah