Taman Edukasi Sentuhan Polisi Dongkrak Minat Baca Anak dan Perekonomian Warga Sekitar

NTMCPOLRI – Brigadir Sandi Praja, Babhinkamtibmas Desa Cibadak, Jawa Barat bersama warga sekitar mengubah hutan alam menjadi taman wisata edukasi yang kini dikenal dengan nama Alam Sunda Wangi. Selain memiliki keindahan alam yang memikat, lokasi taman ini juga menyuguhkan sarana edukasi baca, spot selfie hingga camping ground bagi wisatawan.

Perlu diketahui, merubah suatu hal menjadi bermanfaat serta mampu mengangkat perekonomian warga sekitar tidak lah mudah dan membutuhkan usaha kerja keras.

Gerakan Brigadir Sandi Praja yang dikenal ramah dan peduli sosial oleh warga sekitar tersebut bermula ketika warga menginformasikan pada dirinya tentang desa Binaan yang sebelumnya telah diciptakan juga ternyata memiliki lokasi sejarah yang kurang diperhatikan oleh pemerintah.

Setelah Pak Sandi yang akrab disapa oleh warga ini mendapati informasi tersebut, kemudian Sandi melakukan tinjauannya langsung ke lokasi didampingi warga masyarakat. Saat dalam tinjauannya, Sandi menemukan berbagai potensi dimiliki lokasi tersebut jika dimanfaatkan atau diolah dengan betul dan seksama oleh masyarakat, lokasi tersebut akan bermanfaat menjadi wisata edukasi dan religi serta danlebihnya mampu membantu perekonomian warga sekitar.

Oleh karena itu Sandi mengajak warga masyarakat untuk menciptakan hal tersebut dan mengembangkan potensi tersebut.

“Setelah semua warga sepakat untuk menciptakan taman edukasi Alam Sunda Wangi ini, awal mulanya kita bersama masyarakat melakukan dengan swadaya.” ucap Sandi.

Lanjut Sandi menyampaikan, usai taman wisata edukasi ini selesai dan mulai ramai pengunjung, kemudian pemerintah setempat turut peduli dan memberikan perhatian lebih.

“Jadi kini, lokasi taman Sunda Wangi yang dulunya dikenal angker kini hal itu berubah menjadi lokasi yang sejuk, nyaman, cantik, dan beredukasi. Selain itu potensi ini sangat amat membantu perekonomian warga ditambah minat anak-anak warga sekitar untuk menambah ilmu pengetahuan dengan membaca semakin meningkat,” imbuhnya.

Bagi warga yang ingin berlibur menikmati indahnya alam di taman edukasi Alam Sunda Wangi ini sebenarnya tidak dipungut biaya (gratis). Namun ungkap Sandi, guna membantu warga serta sekaligus melakukan perawatan kebersihan dilokasi agar lokasi ini dapat terawat dan terjaga keindahannya terus, akhirnya kita bersama warga membuat tarif masuk untuk para wisatawan sebesar dua ribu rupiah saja (Rp. 2000,-) saja.

 


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Faris