Taruna Akpol Angkatan 50 Study Kepolisian Bidang Lalu Lintas di Korlantas Polri

NTMC POLRI – 302 Taruna Akpol Tingkat III Angkatan 50 Detasemen Wicaksana Adimanggala yang didampingi Kabid Falsafah Akademi Kepolisian Kombes Pol Dr. Sumaryono, melakukan Study Kepolisian ke Korlantas Polri di Jalan MT Haryono Kav 37-38 Jakarta Selatan pada Selasa (12/09/2017).

Tujuan kunjungan ini, dalam rangka mempelajari gambaran umum tentang Kepolisian lalu lintas serta program prioritas Korlantas Polri, yang dipaparkan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa di Lantai 4 Gedung NTMC POLRI pada pukul 13.00 WIB.

Dalam paparannya, Kakorlantas Polri menjelaskan 3 persoalan lalu lintas, yaitu  kecelakan, kemacetan dan pelanggaran. Dari ketiga persoalan itu kita harus belajar bagaimana bisa mengatasi itu semua. Tiga persoalan ini adalah masalah lalu lintas dari jaman dahulu. Macet itu relatif, karena dari jaman dahulu memang sudah macet tergantung pembandingnya apa. Ini yang menjadi hal pokok Polantas.

“Ada dua hal yang harus diperhatikan saat macet, yaitu bagaimana mengurangi volume kendaraan dan menambah kapasitas jalan, karena kendaraan bermotor setiap harinya bertambah sekitar 300 produksinya. Namun yang menjadi solusi utama adalah bagaimana mengerem jumlah produksi kendaran bermotor” Ujar Royke.

Kakorlantas juga menjelaskan bagaimana menjadi Polantas yang Promoter. Mereka itu memiliki standar dalam melaksanakan tugas yang terukur, petugas yang cekatan, adil, trampil dan berkemanusiaan, serta membangun karakter Polantas yang memiliki komitmen integritas kompetensi dan berkeunggulan.

“Jika profesional sudah oke, modern sudah berjalan, maka akan dipercaya. Jadi jika ingin dipercaya dia harus melakukan 2 hal lain. Jadilah Polantas yang mampu mengatur lalin, menangani laka, memiliki integritas yang tinggi,” Ucap Tegas Royke pada paparannya.

Acara diakhiri dengan pemberian ‘Pin Keselamatan Berlalu Lintas’ dan mengajak rombongan Taruna Akpol angkatan 50 untuk melihat simulasi siaran lalu lintas dan display Safety Riding  dari PJR Korlantas Polri .


Was This Post Helpful:

0 votes, 0 avg. rating

Share:

Fachrul Rizal