11 Anggota Polda Sumut Dapat Reward, Kapolri Atensikan Pencegahan Konflik Sosial

NTMCPOLRI – Kamis (24/8) siang, di sela-sela kunjungan kerja ke Sumatera Utara dalam rangka menghadiri kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan Polri bagi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian memberikan penghargaan kepada 11 anggota Polda Sumatera Utara (Sumut) yang dinilai berprestasi mengungkap kasus narkoba, premanisme, serta mencegah terjadinya konflik sosial.

“Anggota yang berprestasi saya beri reward. Saya ingin ciptakan iklim prestasi, bukan hanya bidang reserse, tapi binmas juga,” kata Kapolri.

Tito mengatakan, ia sangat memberi atensi terhadap pencegahan konflik sosial. Karena itu, ia meminta jajarannya menggalakkan pembinaan masyarakat, melakukan kegiatan budaya dan olahraga, serta pro-aktif mencegah terjadinya ledakan konflik sosial.

Konflik sosial, kata Kapolri, harus diwaspadai dan dicegah karena dapat melumpuhkan kegiatan pemerintahan dan ekonomi seperti yang pernah terjadi di Kota Tanjung Balai, beberapa waktu lalu.

Kapolri mengingatkan, jika terjadi konflik sosial di satu daerah, ia akan menurunkan tim untuk mengecek langsung ke lapangan, terutama kinerja intelijen dan binmas (pembinaan masyarakat).

“Jika intelijen dan binmas sudah memberikan masukan, tapi pimpinan satuan wilayah tidak mengambil kebijakan dan tidak ada reaksi, makan dilakukan pencopotan. Sebaliknya, jika tidak ada masukan sama sekali, pimpinan intelijen dan binmas akan diganti. Itu yang menjadi ukuran saya,” tegas Kapolri.

Berikut 11 nama anggota Polda Sumut yang mendapat penghargaan dari Kapolri langsung,

1. Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Febriansyah
2. Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Medan AKBP Ganda Saragih
3. Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Leo Siagian
4. Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut AKBP Hilman Wijaya
5. Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Herzoni Saragih
6. Kasubdit III Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Faisal Napitupulu
7. Kapolsek Medan Baru Kompol Hendra Eko Triyulianto,
8. Kapolsek Sunggal Kompol Daniel Marunduri
9. Kapolsek Delitua Kompol Wira Prayatna
10.Kapolsek Medan Timur Kompol Wilson Pasaribu
11.Kasat Reskrim Polres Asahan AKP Bayu Putra Samara.

AKBP Febriansyah bersama tim yang dipimpinnya berhasil mengungkap kasus dugaan penghinaan terhadap Presiden RI Jokowi dan Kapolri Tito Karnavian serta Institusi Polri. Kasus ini dapat terungkap pada 18 Agustus lalu setelah Febriansyah dan anggotanya melakukan penyelidikan sejak 16 Juli 2017, dengan menggunakan berbagai sarana IT dan melakukan pengamatan di sejumlah lokasi di Kota Medan.

Terkait kasus ini, Kapolri menegaskan bahwa netizen yang masih berani membuat konten penghinaan atau provokatif pasti akan dikejar dan ditangkap.

“Masyarakat jangan membuat konten provokatif yang melanggar Undang-undang, pasti kita kejar,” Tutup Tito.

author