186 Personel Ditpolair Polda Jabar Kawal Pantai Selama Libur Lebaran

NTMC POLRI – Bertepatan pengamanan lebaran Idul Fitri 2016, tidak hanya jalur darat yang dikawal oleh petugas gabungan di lapangan. Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Jabar turut menyumbang kekuatannya untuk mensukseskan jalannya Operasi Ramadniya 2016.

Sebanyak 186 personel Ditpolair Polda Jabar turun tangan mengamankan kawasan perairan laut di wilayah utara dan selatan Jabar. Prioritas pengamanan oleh polisi baret biru ini berada di kawasan wisata pantai yang ramai dengan kunjungan masyarakat saat momen libur lebaran.

“Personel terbagi beberapa zona dan tentunya semuanya sudah diposisikan di masing-masing titik di sepanjang garis wisata pantai yang ada di Jabar,” ujar Ditpolair Polda Jabar Kombes Pol Didit Eko di Bandung, Jumat (1/7/2016).

Didit menyebut ada beberapa zona yang menjadi atensi pihaknya. Untuk zona selatan, penjagaannya di Pangandaran, Garut dan Sukabumi. Sedangkan zona utara berada di Indramayu, Karawang, Cirebon, dan Subang.

“Satu lagi di Waduk Jatiluhur, di situ juga ada personelnya. Jadi kita tidak di laut saja, terpenting ada airnya kita amankan,” kata Kombes Pol Didit sambil tertawa.

Kombes Pol Didit menambahkan, sebanyak 44 armada kapal jaga untuk pengamanan libur lebaran nanti sudah siaga di wilayah pusat industri dan keramaian masyarakat. Armada kapal jaga yang siap dioperasikan mulai H-7 hingga H+7 ini ialah tipe C2 dan C3 di wilayah masing-masing.

“Kapal-kapal ini kita siagakan, dan dibagi ke wilayah yang sudah di tentukan. Kapal-kapal ini milik daerah Karawang, Indramayu, dan Cirebon. Termasuk yang ada di Waduk Jatiluhur (Purwakarta) itu juga kita siagakan dengan tipe dan kapal yang sama,” jelas Kombes Pol Didit.

Kombes Pol Didit mengingatkan kepada masyarakat jika petugas siap memantau aktivitas masyarakat di wilayah perairan Jabar, dengan tenang dan terawasi. Tak lupa Didit pun mengingatkan agar wisatawan yang berkunjung ke pantai wisata untuk tidak melakukan hal-hal yang mengancam keselamatan jiwa.

“Kalau main di pantai jangan ke tengah, cukup di pinggir pantai saja, termasuk kalau mau naik perahu periksa dulu ada atau enggak life jacket-nya,” tutur Kombes Pol Didit.

author