3 Kendaraan Dievakuasi, Lalin Tol Kalikangkung Kembali Normal

Dus bus dan satu mobil yang terlibat kecelakaan di gerbang tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah sudah selesai dievakuasi. Lalu lintas di sekitar lokasi kembali lancar.

“Lalu lintas lancar TKA, bangkai dua bus segera dievakuasi,” kata Dirut PT Jasa Marga ruas Semarang-Batang Arie Irianto saat dimintai konfirmasi, Sabtu (28/12/2019).

Lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran bus terlihat lengang. Terlihat beberapa petugas masih melakukan pembersihan

Peristiwa kecelakaan itu terjadi Sabtu (28/12/2019) pukul 20.10 WIB dan api selesai dipadamkan pukul 21.20 WIB. Kecelakaan yang melibatkan bus Kramat Jati bernopol B 7450 TGA menyeruduk bus Putra Pelita Jaya (PPJ) yang tengah melakukan tapping masuk ke tol.

“Kronologis bus PPJ pasca tapping di entrance arah dari Semarang ditabrak bus Kramat Jati dengan nomor polisi B 7450 TGA karena rem blong dan melintir ke kanan ke jalur A menyerempet 1 kijang Innova,” jelas Arie.

Akibatnya kedua bus berpindah jalur dan mengalami kebakaran. Pihak Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar berhati-hati dan mengecek kelayakan kendaraan secara berkala.

“PT JSB mengimbau kepada seluruh pengguna jalan baik pengusaha angkutan umum maupun kendaraan pribadi untuk memastikan kelayakan kendaraan sebelum memulai perjalanan. Kendaraan yang tidak layak operasi akan berakibat fatal dalam perjalanan dan merugikan pengguna jalan lainnya, seperti kasus rem blong yang tidak berfungsi maksimal dalam kejadian ini,” imbau Arie.

“PT JSB juga menegaskan kepada pengguna jalan untuk beristirahat jika lelah ataupun mengantuk dengan memanfaatkan rest area, terutama bagi pengguna jalan yang menempuh perjalanan panjang,” pungkasnya.

 

author