Akhir Libur Sekolah, Puncak Diprediksi Padat

124 views

NTMC POLRI – Akhir liburan sekolah yang jatuh pada pekan ini diprediksi akan terjadi kepadatan di kawasan wisata seperti Puncak, Jawa Barat. Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, Polres Bogor mengingatkan kepada masyarakat yang hendak berlibur agar dapat memanajemen waktu dengan baik.

“Kami memprediksi arus lalu lintas weekend ini yang menuju Puncak akan meriah dan ramai cenderung padat, karena masih dalam musim liburan,” kata Kasat Lantas Wilayah Bogor AKP M Fadli, Jumat (12/7/2019).

Ia memperkirakan, kepadatan tidak hanya terjadi di kawasan puncak. Sejumlah pintu keluar tol seperti Sentul Utara yang mengarah Sentul Cirkuit/Cibinong dan juga pintu keluar Sentul Selatan arah Sentul City dan Tol BORR juga akan mengalami kepadatan.

“Sehingga kami imbau kepada masyarakat yang hendak ke Bogor pada Sabtu (13/7) dan Minggu (14/7) ini, jika tidak benar-benar urgent sebaiknya diurungkan dulu atau dipindah ke minggu selanjutnya,” katanya.

Namun, bagi masyarakat yang tetap ingin menikmati liburan akhir pekan di Bogor disarankan untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kepadatan. Selain kemungkinan volume kendaraan yang mengarah ke Bogor mengalami peningkatan, adanya perbaikan jalan di ruas Tol Jagorawi juga dapat mempengaruhi situasi lalu lintas.

“Saat ini Tol Jagorawi ada perbaikan di beberapa penggal jalan, baik yang ke arah puncak atau ke arah Jakarta. Rute alternatif bisa digunakan melalui Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur dan sebaliknya. Rute ini terkesan lebih panjang tapi lebih efektif,” tegas Fadli.

Selain itu, adanya kegiatan masyarakat di SICC pada Minggu (14/7) berpotensi menimbulkan kemacetan. Masyarakat yang akan keluar pintu exit Sentul Selatan untuk mengambil jalur BORR.

“Bisa mengalihkan perjalanan ke exit Citereup dan Sentul Utara, lanjut menggunakan jalur arteri Jakarta Bogor untuk menghindari penumpukan kendaraan di exit Sentul Selatan/Sentul City. Jalannya memang agak melingkar tapi lebih efektif karena waktu tempuhnya singkat,” katanya.

author