Akhiri Masa Dinas, Irjen Royke Gowes Sepeda Sejauh 65 Km

NTMCPOLRI – Memasuki masa pensiunnya sebagai perwira tinggi (Pati) Polri pada 30 September 2020,
Mantan Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa yang telah mengabdi di Polri selama 33 tahun lebih mengakhiri masa baktinya di Korps Bhayangkara dengan bersepeda alias gowes sejauh 65 km.

Jenderal bintang dua itu memang dikenal punya hobi bersepeda sejak masih menjabat sebagai Kepala Korlantas Polri.

Ia memulai gowes dari Karawaci sekitar pukul 04.00 WIB menuju Lemdiklat Polri.

Royke mengatakan, lewat gowes dapat mengajak masyarakat untuk menciptakan udara bersih. Ia mengaku tak pernah berhenti mewujudkan lingkungan yang baik untuk anak cucu bangsa Indonesia.

“Itu gowes mengajak masyarakat ciptakan udara bersih untuk anak cucu bangsa,” kata Royke kepada, Kamis (1/10).

“Pesan ini saya sampaikan pada kesempatan hari terakhir saya dinas di Polri. Saya tidak pernah berhenti untuk ajak semua wujudkan lingkungan yang berkelanjutan,” ujar Royke.

Pria yang berusia 58 tahun ini lalu mengirimkan rute gowes yang dilaluinya di hari penutupan masa pensiunnya. Kebugaran fisiknya masih teruji lewat rute yang dilaluinya menggunakan sepeda.

Berikut rute gowes Irjen Royke Lumowa:

Gading Serpong-Raya Serpong-Alam Sutra-Pusdik Lantas-Graha Raya-Bintaro Jaya-Rempoa-Raya Ciputat-Pasar Jumat-Lemdiklat Polri.

Usai kerja sebagai Analisis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri, Royke lalu berkunjung naik sepeda ke Korlantas Polri di Jakarta Selatan dan Ditlantas Polda Metro di Jakarta Selatan.

Royke yang menjabat sebagai Kakorlantas Polri pada 2016-2018 kerap mengecek kelancaran arus lalu lintas dengan mengendarai sepeda.

Pada momen Operasi Ketupat pengamanan mudik lebaran, Royke bersepeda ke sejumlah titik rawan kemacetan. Termasuk memastikan kelancaran lalu lintas saat Asian Games 2018.

Setelah tak bertugas di Korps Lalu Lintas, Akpol 1987 itu bertugas sebagai Kapolda Maluku dan Kapolda Sulawesi Utara. Royke kembali ke Jakarta sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri hingga pensiun.

author