Amankan Asian Para Games 2018, 10 Ribu Personel Gabungan Dikerahkan

NTMC POLRI –  10.000 personel gabungan  dari Polri, TNI dan Satpol PP akan mengamankan perhelatan olahraga se-Asia yang diikuti atlet disabilitas atau Asian Para Games 2018.

“Kekuatan anggotanya khusus di Jakarta dan sekitarnya 10 ribu lah. Itu gabungan dari Polri, TNI dan Satpol PP,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Senin (10/9/2018).

Setyo menuturkan pengamanan Asian Para Games 2018 lebih mudah dibandingkan pengamanan Asian Games 2018. Alasannya, karena Asian Para Games hanya memakai satu wilayah wilayah sebagai lokasi acara.

“Asian Para Games sudah disiapkan dan agak lebih mudah, karena cuma di DKI saja venuenya, jadi jangkauannya lebih mudah,” ujar Setyo.

Api obor Asian Para Games 2018 mulai diarak dari Ternate. Diharapkan menjadi momen kebangkitan atlet disabilitas di daerah, utamanya di Maluku Utara.

Api obor Asian Para Games 2018 mulai dinyalakan di Ternate, Minggu (9/9). Api diambil dari Mrapen, Grobogan dan sebelumnya dibawa dari Solo, Jawa Tengah. Menpora Imam Nahrawi yang menyulutkan api lalu diserahkan kepada Ketua Pelaksana INASGOC, Raja Sapta Oktohari.

Pembawa obor pertama yang juga atlet tenis meja disabilitas Risal Assor bangga Ternate menjadi tempat start torch relay Asian Para Games 2018. Dia menyebut momen ini menjadi kebangkitan olahraga bagi disabilitas di Maluku Utara.

author