Antisipasi Karhutla, Personil Polda Kalsel Padamkan Titik Api di Banjarbaru

Tim Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dipimpin Ka Satgas Preventif AKBP Sofyan Arief, S.I.K. bersama Anggota Ops Karhutla Satgas Preventif Polda Kalsel harus berjibaku memadamkan titik api yang ada di Dekat SMP 9 Banjarbaru, Loktabat Utara, Banjarbaru, Senin (21/9/2020) pukul 09.00 Wita.

Anggota yang saat itu melaksanakan patroli gabungan mendapatkan laporan kebakaran lahan dari warga dan langsung mendatangi lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman api menggunakan mesin semprot air yang sudah disiapkan sehingga api dapat dipadamkan sepenuhnya.

Berdasarkan informasi yang didapatkan petugas dilapangan, sumber api berasal dari beberapa titik di tengah lahan dengan luas kurang lebih 3-4 hektar.

Pemadaman lahan yang terbakar dilakukan oleh Posko Ops Karhutla Km.21 dan Posko Aju Guntung Damar Banjarbaru.

Terkait hal tersebut, Kapolda Kalsel Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H. mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta aktif dengan memberikan informasi apabila menemukan kebakaran hutan atau lahan. Jauh-jauh hari personil Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kalsel juga sudah melakukan sosialisasi tentang Karhutla dan hukum pidananya.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,” ucap Kapolda Kalsel.

Disampaikan juga oleh Kapolda Kalsel, agar masyarakat tetap waspada dan siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, mengingat saat sekarang adalah musim kemarau yang rentan akan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilakukan oleh personil Polda Kalsel ini merupakan salah satu dari 3 Program Prioritas Kapolda Kalsel selain Penanganan Covid-19 dan Pengamanan Pilkada 2020.

author