Antisipasi Lonjakan Arus Balik Libur Lebaran, Satlantas Polresta Bandung Larang Kendaran Berat Masuki Tol Cileunyi

NTMC POLRI – Guna mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik Iduladha tahun ini, Polresta Bandung melarang truk bersumbu tiga ke atas memasuki Jalan Tol Cileunyi.

Larangan tersebut berlaku mulai Minggu 2 Agustus pukul 08.00 WIB sampai Senin 3 Agustus pukul 08.00 WIB.

Demikian disampaikan Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Erik Bangun Prakasa, Sabtu 1 Agustus 2020.

Menurut Kasatlantas, hal itu diberlakukan karena puncak arus balik diprediksi terjadi pada Minggu 2 Agustus besok.

“Kemungkinan besok (puncak arus balik). Dirlantas Polda Jabar sudah koordinasi dengan Kemenhub untuk antisipasi, kendaraan berat sumbu tiga atau lebih dilarang masuk tol,” kata Kasatlantas.

Kasatlantas mengatakan, truk bersumbu tiga ke atas diarahkan untuk melintas melalui jalur arteri. Sementara truk sumbut tiga ke bawah, bus, dan kendaraan pribadi diperbolehkan melintasi tol.

Dikatakan Kasatlantas, arus lalu lintas pada sore tadi cenderung masih landai.

Belum terlihat ada lonjakan baik yang mengarah ke Jakarta maupun sebaliknya. Kepadatan terpantau hanya di kawasan perbelanjaan seperti di Cinunuk.

“Di Cinunuk ada sendatan di seputaran tempat perbelanjaan,” katanya.

Sementara itu mengenai peningkatan pengunjung ke tempat wisata, dia mengatakan di H+1 Iduladha ini masih cenderung normal.

“Di beberapa lokasi wisata seperti di Ciwidey, Kawah Putih, Glamping Rancabali jumlah pengunjung masih normal belum ada lonjakan. Memang masyarakat masih fokus melaksanakan penyembelihan kurban,” katanya.

author