Belasan Ribu Personel Gabungan Dikerahkan Dalam Pengamanan Haul Ulama di Kalsel

NTMC POLRI – Sebanyak 14.173 personel gabungan Polri-TNI, Pemda dan masyarakat akan mengamankan Haul ke-13 Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani.

“Ada 14.173 orang petugas gabungan untuk mengamankan Haul ke-13 Guru Sekumpul dan kedatangan Presiden Joko Widodo. Terdiri dari 2.000-an lebih polisi, 100 orang TNI Kodim Martapura, 230 orang Satpol PP Kabupaten Banjar, 88 orang Dinas Perhubungan Banjar, 10.850 orang relawan, dan 583 petugas medis,” kata Wakapolda Kalsel Kombes Nasr

Diperkirakan sebanyak 1 juta umat Muslim dari berbagai penjuru negeri bahkan luar negeri akan berkumpul untuk mengenang tokoh agama yang dikenal dengan sebutan Guru Sekumpul itu.

Nasri menjelaskan pengamanan untuk perayaan haul ini dimulai sejak hari ini hingga Senin (26/3) pekan depan. Ia meminta aparat penegak hukum untuk meningkatkan keamanan dan kewaspadaan akan ancaman kejahatan.

“Petugas harus antisipasi peningkatan kunjungan dan ada potensi kriminalitas yang bisa mengganggu acara tersebut. Maka perlu kesigapan pengamanan acara keagamaan ini,” kata Nasri.

Polda Kalsel mengerahkan kendaraan taktis baracuda yang disulap menjadi tempat untuk wudhu. Lalu lima water canon disiapkan untuk membantu jemaah yang akan solat dalam acara haul.

author