Berkat Capaian Kerja, Brigjen Baharuddin Djafar Dipromosikan Jabat Kapolda Maluku dan Naik Pangkat

NTMCPOLRI – Sejumlah perwira tinggi dan perwira menengah di lingkungan Polri kembali disegarkan. Salah satunya, Kapolda Sulbar Brigjen Pol Baharuddin Djafar yang akan menempati jabatan barunya sebagai Kapolda Maluku.

Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Mashura, mengatakan mutasi tersebut berdasarkan surat telegram nomor: ST/385/II/KEP./2020, Senin, 3 Februari 2020, yang ditandatangani atas nama Kapolri, AS SDM Kapolri, Irjen Eko Indra Heri.

“InsyaAllah, bintang dua Pak Baharuddin Djafar pecah di Maluku sebagai Polda tipe A,” kata Mashura, Selasa (4/2).

Menurutnya, promosi jabatan terhadap Kapolda Sulbar itu karena dianggap selama ini berhasil mengangkat citra Polri selama menakhodai Polda Sulbar. Salah satu capaiannya yakni menjadikan Polda Sulbar menjadi peringkat kedua yang paling dipercaya masyarakat berdasarkan penilaian Litbang Polri.

Penghargaan lainnya yakni Harmony Awards dari Kementerian Agama (Kemenag) karena menjadi salah seorang tokoh teladan yang mampu menjaga kerukunan umat di Sulbar.

“Mutasi ini juga merupakan janji Kapolri saat berkunjung ke Sulbar. Kapolri saat itu menyatakan bahwa sudah pantas Pak Baharuddin Djafar naik menjadi Irjen karena capaian kinerjanya selama ini,” ujarnya.

Jabatan Kapolda Sulbar nantinya akan diisi Brigjen Pol Eko Budi Sampurno. Selain Kapolda, sejumlah pejabat utama Polda Sulbar lainnya juga dirotasi, termasuk Dirbinmas, Dirnarkoba, Kabid Propam, dan Kabid Humas.

author