Berpeluang Besar Juarai Liga, Bhayangkara FC Belum Tentu Bisa Tampil di AFC

NTMCPOLRI – Peluang Bhayangkara FC meraih juara di Liga 1 Gojek Traveloka 2017 cukup terbuka lebar. Pasalnya Bhayangkara FC memimpin klasemen sementara Liga1 dengan point 59. Jika berhasil menjadi juara, klub berjuluk The Guardian ini berhak untuk tampil di kompetisi Asia musim depan.

Asosiasi Sepak Bola Asia, AFC, memberikan jatah kepada Indonesia satu tiket babak play off Liga Champions Asia dan dua tiket di Piala AFC. Namun, untuk mengikuti kejuaraan Asia tersebut ada syarat yang harus dipenuhi.

Klub tersebut harus memiliki berbadan hukum minimal dua tahun sejak itu didirikan. Sebagaimana diketahui, Bhayangkara FC merupakan klub baru di Tanah Air. Jika tidak memenuhi syarat, jatah tersebut akan diberikan kepada klub yang berada satu posisi di bawahnya di klasemen akhir Liga 1. Asalkan klub tersebut nanti memenuhi syarat dari AFC.

Klub asuhan Simon Mcmenemy memang belum lama muncul. Sebelumnya, Bhayangkara bernama Surabaya United kemudian PS Polri sebelum mengubah nama menjadi Bhayangkara FC.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengaku sedang mempelajari hal itu. Oleh karenanya, dia belum bisa memastikan Evan Dimas dan kawan-kawan bisa ikut Liga Champions atau Piala AFC.

Selain Bhayangkara FC, ada dua klub yang mengalami persoalan serupa. Mereka adalah Madura United yang membeli saham Persipasai Bandung Raya dan PS TNI yang mengakuisisi Persiram Raja Ampat.

author