Bertahun-tahun Tanpa Pamrih, Polisi Bantu Anak Sekolah Menyeberang Sungai Takir

NTMC POLRI – Di saat Polisi lain di sibukkan tugas pengamanan aktifitas masyarakat di pagi hari, ditengah lalu-intas jalan yang padat dan ramai. Namun berbeda dengan Bhabinkamtibmas Desa Curatakir Brigpol. Agus Sugiarto. Selama bertahun – tahun, Ia dipercaya dan dipasrahi masyarakat setempat untuk membantu anak-anak sekolah menyeberang jalan pintas membelah sungai Takir. Memang demikian tantangannya, sebab belum pernah ada jembatan peghubung di Sungai ini.

Demi bersekolah, Puluhan anak –anak di Desa Curah Takir Kecamatan Tempurejo, Jember, harus terpaksa menantang derasnya arus. Mereka pun di intai bahaya luapan air yang bisa saja sewaktu- waktu menyapu. Terlebih lagi, musim penghujan seperti saat ini, hujan deras kerap menimbulkan arus sungai yang deras.

sungai1

Meski harus menerabas aliran sungai yang deras, tampak sosok seorang pria yang menggulung celana panjangnya “ mengabdi masyarakat tanpa pamrih “ . Dengan memakai jaket bertuliskan “ Polisi “. Bhabinkamtibmas ini dengan sigap dan cekatan lantas menggendong anak –anak yang akan berangkat sekolah. Sementara yang lain terkadang di bantu warga yang saat itu sedang melintas. “ Sehari bisa bolak – balik menjemput anak-anak untuk dapat menyererang di sungai ini “ kata Brigpol. Agus Sugiarto.

Tak jarang Aparat Kepolisian Sektor Tempurejo yang lain turut bahu – membahu membantu aktifitas seperti ini. Di sela- sela kesibukan tugas, Kapolsek Tempurejo AKP. Sutanto juga turun langsung bersama anggota. Kendaraan Patroli Polisi bolak balik digunakan untuk antar jemput warga melintas sungai Takir. Ibarat angkutan Gratis, Polisi pun hadir di tengah masyarakat untuk melayani kebutuhan aktifitas warga di Desa ini.

Meminjam ungkapan pakar kepolisian, kewajiban mulia seorang polisi adalah untuk “ melindungi dan melayani “ . Polisi menenteramkan siapa saja yang merasa ketakutan, memayungi yang kehujanan, menunjuki yang kebingungan, mengingatkan yang lupa, dan memberi tahu yang belum tahu.

Inilah esensi tugas polisi yang sebenarnya, memberikan pertolongan, demi pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.meskipun sampai menembus di wilayah pinggiran Pedesaan di Kabupaten Jember

author