BPKB Online Hadirkan Kemudahan Pelayanan dan Cegah Pungli

NTMCPOLRI – Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan program Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) berbasis online (e-BPKB). Peluncuran program ini diharapkan dapat menghilangkan praktik pungli yang kerap meresahkan masyarakat.

“Jadi intinya kepolisian ini mempermudah, dan yang kedua adalah untuk mengurangi kontak fisik antara pemohon dengan kepolisian. Jadi intinya untuk pencegahan suatu korupsi di situ,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin 13 November 2017.

Program e-BPKB diresmikan langsung oleh Wakapolri Komjen Syafruddin di halaman Gedung Ditlantas Polda Metro Jaya. Argo menjelaskan, program bisa langsung diakses melalui laman http://bpkb.net.

Dalam laman tersebut menampilkan sejumlah layanan lainnya, seperti e-queue (nomor antrian elektronik), e-form (formulir digital), e-receipt signature (tanda terima elektronik), e-IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat digital), e-survey (survey kepuasan masyarakat elektronik), e-informasi (informasi digital), e-archive (arsip digital), e-blokir (Blokir Perdata Online), e-cross check BPKB (cek status proses penerbitan BPKB), e-complain (layanan pengaduan online), dan e-id ranmor (cek data BPKB secara online).

“Jadi berharap dengan kegiatan ini nanti bisa bermanfaat untuk masyarakat luas berkaitan dengan e-BPKB ini,” pungkas Argo.

author