Brimob Polri Gelar Apel Tanggap Kontijensi Bencana

47 views

NTMCPOLRI – Dalam rangka menghadapi kontinjensi bencana, anggota Brimob bersama satgas lain menggelar Apel Gelar Pasukan Satgas Operasi Pusat Aman Nusa II di Lapangan Mako Brimob Kelapa Dua, Cimanggis, Kota Depok, Rabu (5/12/2018) .

Sebagai Inspektur Upacara sekaligus Wakil Kepala Operasional Pusat (Wakaopspus) Nusa II, Irjen Pol. Drs. Sudjarno, menyebutkan dalam Operasi Pusat Aman Nusa II menghadapi kontinjensi bencama 2018 menurunkan 2.560 personil gabungan dari beberapa satgas.

“Dari jumlah personil yang disiagakan selain dari Brimob pihaknya juga mengajak Ditpol Air, Ditpol Satwa, Ditpol Udara, Satgas Dirbimas Samapta Obvit, Satgas DVI, Satgas Lidik Sidik, dan Satgas Badan Operasional (Ban Ops),” ujarnya usai melakukan pengecekan kesiapan personil dan peralatan pelengkapan didampingi masing-masing dari Satgas.

Kakor Sabhara Mabes Polri ini menambahkan untuk kesiapan tahun ini pihaknya menyediakan truk untuk dapur makanan. “Kita memiliki enam unit armada mobil dapur lapangan. Sehingga jika ada bencana sewaktu-waktu truk tersebut dapat di gunakan bagi para korban bencana di lokasi kejadian,”tuturnya.

Lanjut Irjen Sudjarno, meski bencana besar sudah terjadi seperti di Palu dan Donggala, namun berdasarkan hasil prediksi dari PNBP masih banyak terdapat patahan aktif berdampak bencana.

“Dari 80 patahan lempengan berakibat gempa, berdasarkan data terbaru yaitu sekarang 295 patahan aktif masih berpotensi gempa untuk dapat diantisipasi khusus dari jajaran Polri termasuk dalam penguatan personil,”tutupnya.

author