Bripka Rahmat Effendy Dikenal Sebagai Sosok Disiplin

NTMC POLRI – Bripka Rahmat Effendy anggota Subdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Metro Jaya tewas usai ditembak oleh sesama polisi, Brigadir Rangga Tianto. Peristiwa tersebut terjadi di Polsek Cimanggis, Depok pada Kamis (25/7) malam.

Rahmat berdinas di Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya sejak tahun 2008.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Made Agus sebagai pimpinannya menilai almarhum adalah sosok yang baik dan berdisiplin. Selama bertugas, Rahmat tidak pernah memiliki catatan buruk.

“Keseharian yang bersangkutan, dia orangnya baik, disiplin,” kata Made Agus, Jumat (26/7/2019).

Made Agus mengatakan, Rahmat juga merupakan anggota kelompok sadar Kamtibmas (Pokdar Kamtibmas) di lingkungan tempat tinggalnya di Tapos, Depok. Diketahui, Rahmat tinggal di Tapos, Depok. Rahmat aktif menjaga keamanan lingkungan tempat tinggalnya bersama dengan warga lainnya.

“Sehari-hari menjaga lingkungan dan aktif untuk menjaga Kamtibmas di tempat dia tinggal,” jelas Agus.

Sebelumnya, Pada Kamis (25/7) malam, Rahmat kebetulan mengamankan pelaku tawuran berinisial FZ yang kedapatan membawa celurit. Dia lalu membawa FZ ke Polsek Cimanggis.

Tidak lama kemudian, datang ayah FZ bernama Zulkarnaen bersama Brigadir Rangga. Rangga kemudian meminta agar FZ tidak diproses dan dibina saja.

Namun Rahmat menegaskan dirinya sebagai pelapor dan proses hukum sedang berjalan. Rangga pun emosi hingga mencabut senpi dan menembak ke arah korban sebanyak 7 kali. Rahmat pun tewas di tempat.

author