Bumiayu Brebes Banjir Bandang, Sejumlah Infrastruktur Rusak

NTMC POLRI –  Banjir bandang terjadi di kawasan selatan Brebes, Jawa Tengah. Banjir tersebut disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut pada Rabu (25/4/2018) sore.

Hujan deras sejak pukul 12.00 WIB sampai 16.30 WIB menyebabkan Sungai Erang meluap. Luapan air ini melimpas ke pemukiman warga dan jalan jalan di Kecamatan Bumiayu. Akibat banjir ini, sejumlah infrastruktur rusak dan juga pemukiman warga.

Selain merendam rumah, dan menghanyutkan sejumlah kendaraan, banjir ini juga menyebabkan sebuah bangunan jembatan ambruk diterpa derasnya air.

Sekcam Bumiayu, Eko Purwanto, menjelaskan dua bangunan jembatan ambruk, yaitu di Dukuh Pendawa dan Dukuh Pesantren. Jembatan penghubung antar pedukuhan ini putus diterjang banjir.

Selain jembatan, banjir juga menghancurkan bangunan talud sungai Erang. Talud sepanjang ratusan meter ini ambrol tak kuat menahan arus deras sungai.

“Dua jembatan rusak dan talud sungai ambrol ratusan meter. Bahkan ada 4 sepeda motor dan mobil yang hanyut terbawa arus sungai,” kata Eko Purwanto.

Sampai saat ini, lanjutnya, belum ada laporan korban jiwa. Meski sempat merendam rumah rumah warga, tidak ada warga yang mengaku kehilangan anggota keluarganya.

author