Cara Kenali Ban Cepat Aus saat Lewati Jalan Beton

NTMC POLRI – Jalan tol yang menghubungkan beberapa wilayah di pulau Jawa mulai terintegrasi, meski demikian jalan sepanjang ratusan kilometer tersebut dibangun menggunakan material beton.

Perlu diperhatikan bagi pemudik, dengan kondisi jalan beton yang ada saat ini, ban kendaraan akan mudah terkikis, terlebih jika berkendara di siang hari. Suhu panas beton dan karet akan menambah tingkat keausan ban itu sendiri.

Divisi teknis Michelin, M Fachrul Rozi mengatakan ban kendaraan cepat aus atau habis ketika melintas di jalan beton dibanding saat melaju di jalan aspal.

Bahkan, menurutnya, ban akan lebih cepat lagi habis jika jalan beton itu bergaris. Sementara di jalan beton yang mulus ban akan lebih awet.

“Saya pikir semua ban lebih cepat abrasi di jalan beton, tapi saya tidak punya persentase untuk membandingkannya perbedaannya dengan di jalan aspal,” ujarnya.

Karena cepat habis itu pula, kata dia, banyak pengemudi yang mengeluhkan jalan beton. “Memang jalan beton bergaris itu membuat cengkraman ban ke jalan lebih mantap, tapi konsekuensinya ban cepat habis,” tambahnya.

Lebih lanjut Rozi menjelaskan bahwa ban cepat habis di jalan beton karena gesekan dengan permukaan kasar membuat roda cepat abrasi. Sementara aspal yang cenderung lebih halus membuat daya gesek lebih minim.

author