Cari Inovasi Baru Cegah Karhutla, Divisi Humas Polri Gelar FGD

NTMC Polri – Maraknya kasus Karhulta akhir-akhir ini di Indonesia, Focus Group Discussion (FGD) kembali digelar oleh Divisi Humas Polri, dengan mengangkat tema “Solusi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Berbasis Kolaborasi dengan Lembaga Terkait”, pada Selasa (9/10/2019), di Hotel Amarossa, Jakarta Selatan.

FDG kali ini masih membahas bagaimana penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang tengah melanda wilayah Sumatera, Riau, Kalimantan dan sekitarnya.

Pembicara yang hadir dalam FDG diantaranya Deputi II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri Kombes Irsan dan Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan KLHK, Wanda Agung Sukadirman.

Dalam menyampaikan sambutannya, Karo PID Divhumas Polri Brigjen Pol. Syahardiantono yang mewakili Kadiv Humas Polri Itjen Muhammad Iqbal menyatakan bahwa penanganan Karhutla harus menjadi atensi.

“Hal tersebut disebabkan jika tidak menjadikan perhatian lebih terhadap hutan dan lahan yang ada di Indonesia, maka Karhutla akan terus ada,” lanjut Brigjen Pol Syahar.

Selanjutnya, Ia juga menuturkan bahwa potensi hutan dan lahan di Indonesia harus mendapatkan perhatian lebih. Karena jika hutan dan lahan tidak dilestarikan, maka anak tercipta bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

“Saya juga menekankan pentingnya
pencegahan agar Karhutla tidak kembali terjadi. Sebab Oknum tangan manusia juga turut adil dalam terjadinya Karhutla,” ujar Brigjen Pol Syahar.

Terakhir, Berigjen Pol Syahar berharap di dalam melakukan FGD ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bisa dipakai untuk mengatasi Karhutla khususnya pencegahan. Pencegahan adalah suatu hal yang sangat penting, karena setiap tahun Indonesia mengalami Karhutla.

author