Daud, Anak Penderita Kelainan Autoimun Ngefans dengan Kapolri

NTMC POLRI – Senyum Mohammad Abdullah Daud Abigiel (8 tahun) mengembang. Anak penderita kelainan autoinum atau kekebalan tubuh ini menerima kunjungan Kapolres Banyuwangi, Jawa Timur, AKBP Agus Yulianto di rumahnya, Jumat (13/1).

Daud, demikian sapaan putra ketiga pasangan Rahayu Agustina (44 tahun) dan Yudiono (47 tahun). Daud bukanlah anak biasa. Daud sangat mengidolakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Saking ngefansnya dengan Kapolri, Daud selalu ingin bertemu dengan Kapolri. Permintaan yang sama ia sebutkan setiap hari.

“Tidak hanya ingin bertemu Kapolri, tiap hari maunya main di kantor polisi. Saya sadar permintaan itu tidak mungkin. Makanya saya bujuk agar tidak terlalu bersikeras,” kata Rahayu.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Agus tersenyum hangat melihat Daud. Agus memahami keinginan Daud yang mengidolakan Kapolri. Untuk itu Agus memberikan foto Kapolri yang telah dibingkai kaca kepada Daud. Sebab, Daud kerap memeluk foto Kapolri dalam sebuah koran.

“Kasihan, kalau tidur harus memeluk foto Pak Kapolri. Ini korannya sampai lecek. Sebagai ganti kita bawakan foto Sang Jenderal,” ujar Agus.

Selain memberi foto Kapolri, Polres Banyuwangi juga memberi bantuan peralatan sekolah dan bantuan berobat untuk Daud sebagai tali kasih. “Karena penyakitnya, Daud harus berhenti sekolah sementara. Dengan peralatan sekolah ini semoga bisa dimanfaatkan untuk belajar di rumah,” kata Agus.

Kunjungan Kapolres Banyuwangi ke rumah Daud telah direncanakan sejak profil Daud menjadi viral di Banyuwangi. Perjuangan daud untuk melawan penyakitnya sempat ramai diperbincangkan di media sosial.

Daud kini duduk di bangku kelas 2 SD Lazuardi Kelurahan Tamanbaru, Kecamatan Banyuwangi. Ia harus berhenti sekolah sementara. Daud didiagnosa memiliki masalah dengan kekebalan tubuhnya sehingga ia tidak bisa mengalami capek.

“Sekolah dua hari tapi sakit dan opname di rumah sakit sampai 10 hari. Itu sebabnya tim medis menyarankan agar anak kami berhenti sekolah dulu,” tutur Rahayu.

Di samping tidak boleh capek, Daud juga dilarang terpapar sinar matahari langsung. Apabila itu terjadi maka tubuhnya akan memerah dan kebiruan. Tidak hanya penyakit kekebalan tubuh saja yang diderita, Daud juga didiagnosa bermasalah dengan jantung serta satu ginjalnya.

author