Diduga Tercemar Limbah Pabrik, Polisi Uji Lab Sampel Air Warga di Kediri

NTMC POLRI – Warga Lingkungan Majekan, Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, diresahkan degan limbah pabrik gula yang menyebabkan air warga tercemar. Oleh karena itu, anggota Polres Kota Kendiri mengambil sampel air berbau busuk ke dalam sebuah jirigen, untuk selanjutnya akan dilakukan tes laboratorium Forensik Polda Jatim.

 

Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi membenarkan adanya laporan warga terkait air sumur yang kotor dan bau tak sedap.

“Iya, anggota saya sudah kesana dan mengambil sampel air dari sejumlah rumah warga di lingkungan Majekan Kelurahan Pesantren Kota Kediri serta pernyataan warga sebagai bahan penyelidikan,” jelas Anthon.

Selain melihat air sumur, polisi juga melihat tempat bekas saluran pembuangan limbah pabrik gula yang kini sudah ditutup warga.

Sementara, Kasatreskrim Polresta Kediri, AKP Ridwan Sahara yang datang langsung memimpin pengambilan sampel air sumur juga mengakui adanya bau tak sedap pada air sumur dan perubahan warna. Namun untuk kandungan yang terdapat pada air, masih harus menunggu tes labfor.

“Ini tadi sampel air, baik dari sumber air sumur dan dari pabrik sudah kami ambil dan periksa, jadi tunggu hasilnya,” jelas Ridwan.

 

author