Dirkamsel Korlantas: Expo IT For Road Safety 2020 Implementasi Tingkatkan Pelayanan Prima

NTMC POLRI – Guna meningkatkan dalam memberikan layanan yang prima kepada masyarakat dan menjadi bagian penting dari keberhasilan implementasi smart city di Indonesia, Korlantas Polri melalui Direktorat Keamanan dan Keselamatan (Ditkamsel) Korlantas Polri menggelar IT Road Safety Expo 2020 bertempat di Aula Djajoesman, Korlantas Polri 24-26 November 2020.

“Kegiatan IT Road Safety Expo merupakan suatu upaya Korlantas dalam mengimplementasikan E-policing atau elektronik policing sebagai model pemolisian di era revolusi industri 4.0 atau era digital,” ujar Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda, saat menyampaikan laporan kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Lanjutnya, Dirkamsel menjelaskan dalam membangun sistem IT tentunya memerlukan adanya back office, aplikasi dan network yang berbasis artificial intelegen internet of think dan semua ini merupakan bagian yang saling terintegrasi bagaimana untuk mencapai tujuan atau amanat UU untuk meningkatkan kualitas keselamatan, menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan, terbangunnya budaya tertib, memberikan pelayanan yang prima di bidang road safety atau bidang lalu lintas angkutan jalan yang aman selamat tertib dan lancar serta standar yang prima, cepat, tepat, akurat transparan, akuntabel, informatif dan mudah diakses.

“Dalam IT for road safety kita memiliki back office besar yang mengacu didalam mendukung kelima pilar yaitu traffic management center untuk mendukung road safety management, safety and security center untuk mendukung server road, elektronik registrasi dan identifikasi untuk mendukung server vehicle, dan safety driving center untuk mendukung server people dan ada intelegen traffic analisis,” ujarnya.

Tambahnya, sistem elektronik yang berbasis kepada lima pilar tersebut untuk membangun dan mencapai tujuan road safety dengan menerapkan smart management yang mana smart management akan diawaki polisi cyber atau cyber cops.

“IT for Road Safety Expo merupakan bagian untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Artinya kita bisa memberikan pertanggung jawaban secara moral, administrasi, hukum, dan fungsional dalam bidang pelayanan keamanan, keselamatan, hukum, informasi, administrasi, dan pelayanan kemanusiaan yang berstandar prima cepat tepat akurat transparan akuntabel dan informatif,” sambungnya.

Gelaran expo perdana ini diharapkan dapat bisa menyatukan saling menginsipirasi dan sharing atas pengetahuan. Dalam kegiatan Expo juga akan menampilkan dan menyampaikan hasil riset TARC (Traffic Accident Research Center) yang merupakan bagian penting untuk menganalisa kecelakaan yang kita kembangkan menuju road safety research and development.

Kegiatan dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat ini diikuti 50 peserta secara online virtual dan secara aktual atau offline ada 12 booth pameran sebagai bentuk penampilan sistem-sistem yang telah, sedang, dan akan bangun dan ditumbuh kembangkan oleh Korlantas Polri.

author
No Response

Comments are closed.