Dirlantas Polda Lampung: OPS Patuh Krakatau 2020 Bakal Tindak Pelanggar Protokol Kesehatan

NTMCPOLRI – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung akan menggelar Operasi Patuh Krakatau 2020. Hal itu diungkapkan Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Donny Sabardi Halomoan Damanik, usai melakukan vicon (virtual conference) bersama Kakorlantas Polri kemarin, Selasa 14 Juli 2020.

“Kemarin saya baru vicon (virtual conference) sama Kakorlantas (Polri) mengenai Operasi Patuh yang akan dilaksanakan pada 23 Juli sampai 5 Agustus,” ungkapnya melalui pesan tertulisnya, Rabu (15/7).

Dirinya menjelaskan jika kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari, namun operasi pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Pertama memutus mata rantai COVID-19 sehingga dalam adaptasi kebiasaan baru kita akan melaksanakan kegiatan preemtif itu 40 persen, preventif 40 persen, dan prevesif 20 persen,” jelas Donny.

Pengetatan protokol kesehatan di setiap kendaraan umum juga menjadi prioritas dalam Operasi Patuh Krakatau 2020 ini.

“Kita akan lakukan kegiatan seperti sebelumnya tapi lebih diketatkan lagi, seperti penumpang tidak boleh lebih dari 50 persen dan physical distancing,” terang dia.

Selain itu, pelanggaran yang sering terjadi di masyarakat seperti, surat menyurat SIM dan STNK, tidak menggunakan helm, dan melawan arus.

“Penggunaan jalan yang dimanfaatkan untuk keramaian, berhenti dan menaikkan penumpang tidak pada tempatnya. Maka dalam operasi ini kita gunakan sandi Operasi Patuh Krakatau 2020,” pungkasnya.

author