Ditlantas Polda Aceh Beri Sanksi kepada Orang Tua Yang Beri Ijin Anak Mengendarai Kendaraan

NTMC POLRI – Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, mengimbau seluruh orangtua untuk tidak memberikan sepeda motor untuk anak-anaknya yang masih di bawah umur.

Alasannya, di samping daya kontrol mereka yang masih lemah, memberikan sepeda motor kepada anak-anak di bawah juga merupakan tindakan melanggar ketentuan hukum.

Karena menurut Pasal 281 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 Ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp1 juta.

“Kalau anak-anak kita belum sanggup menaiki sepeda motor jangan berikan. Karena akan muncul penyesalan nantinya kalau terjadi apa-apa dengan si anak. Lalu, itu bukan menunjukkan kasih sayang orangtua terhadap anak-anaknya. Namun, hal itu bisa berdampak nyawa si anak melayang sia-sia,” terang Kombes Dicky saat membuka pelatihan Safety Riding di Mako Satuan PJR Ditlantas Polda Aceh, Sabtu (17/10/2020).

Menurutnya, empat nyawa yang baru seminggu lalu melayang di ruas Jalan Banda Aceh-Medan, di Kabupaten Aceh Timur merupakan anak-anak yang tergolong di bawah umur, yakni 15 sampai 18 tahun.

“Kalau sudah kejadian untuk apalagi. Makanya, upaya mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai timbul penyesalan di kemudian hari, maka dari sekarang kita sebagai orang tua harus mencegahnya,” terang mantan Kabid Humas Polda Sulsel ini.

Hal itu disinggung Dirlantas Kombes Dicky, dilihat dari masih tingginya kasus kecelakaan yang terjadi di Provinsi Aceh.

Dalam seminggu, Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh, menerima laporan kecelakaan 10 sampai 13 kasus. Berbagai peristiwa kecelakaan itu terjadi umumnya kesalahan dilakukan oleh manusia itu sendiri (human error) akibat kurangnya pengetahuan mereka terhadap keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

“Karena faktor itulah mendorong kami untuk intens melaksanakan kegiatan safety riding, di mana kegiatan ini bertujuan mengubah perilaku berkendara agar tetap aman selama berada di jalan, baik untuk keelamatan dirinya sendiri, maupun bagi orang lain yang memiliki hal yang sama selama berada di jalan,” pungkas Dirlantas Polda Aceh.

Tags:
author