Ditreskrimum Polda Metro Kembali Berhasil Bekuk Komplotan Kriminal Curas

NTMC – Unit Jatanras Dit Reskrimum Polda Metro Jaya kembali berhasil membekuk komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan. Keberhasilan petugas dalam penangkapan tersebut bermula dan berdasarkan atas adanya dua laporan masyarakat yang menjadi korban pencurian dengan modus yang sama. Dan setelah dilakukan pemantauan tim unit 1 berhasil menangkap 3 orang ditempat berbeda.

Diketahui, para pelaku dalam menjalankan aksinya kerap kali melengkapi dirinya dengan senjata api dan senjata tajam bahkan mereka tak segan-segan melukai korbannya jika melawan.

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan saat dikonfirmasi menjelaskan,“Setelah Tim Opsnal Unit 1 mendapat informasi pencurian di dua lokasi dengan modus yang sama. Kemudian, melakukan pemantauan di tempat pelaku sering berkumpul di sebuah cafe remang “Santika” Kawasan Parung” dan berhasil menangkap dua orang tersangka,”Senin, (31/10/2016).

Tak berhenti sampai disitu, kemudian tim kepolisian melakukan pengembangan untuk menangkap pelaku lain dengan menyuruh kedua tersangka menunjukkan lokasi persembunyian temannya. Namun saat dalam perjalanan pelaku melawan dengan mencoba mengambil senjata petugas. “Terpaksa tim melakukan tindakan tegas dengan menembak kedua pelaku,” lanjut Hendy.

Setelah dilakukan pengembangan tim berhasil menemukan pelaku lain di daerah Condet. Ternyata kedatangan petugas diketahui oleh pelaku yang langsung mencoba kabur melalui atap rumah, kemudian, petugas melumpuhkan pelaku karena diketahui pelaku memiliki senjata api. “Pelaku berhasil ditangkap beserta senjata api rakitan,” ujar Hendy. “Dari hasil introgasi pelaku pernah melakukan 4 kali pencurian dengan kekerasan di wilayah Tangerang Selatan dan Depok,” lanjutnya.

Tiga pelaku yang ditangkap yakni Kusninggar alias Kus alias Agus,36, Adi Musyadi alias Bagong,34, Edi Hardi alias Boy alias Abang,42. Meski telah menangkap 3 pelaku Hendy menjelaskan pihaknya akan terus dalami kasus tersebut guna menangkap pelaku lain, karena diketahui dalam menjalankan aksinya komplotan ini berjumlah lebih dari 4 orang.

Dari ketiga pelaku berhasil mengamankan barang bukti diantaranya uang hasil kejahatan Rp. 27 juta, 1 senjata api rakita, 6 butir amunisi 9 mm, 1 buah celurit, 2 buah pisau, 2 unit sepeda motor Honda Vario dan Yamaha Xeon,3 buah helm, 1 mobil Xenia, 6 HP, 2 buah Jimat, 1 buah tas sandang dan 2 buah dompet.

Kini para pelaku komplotan kriminal Curas tersebut tengah mendekam di balik sel tahanan guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

 

author