Dosen Teknik Universitas Jember : Kehadiran Pemda Sebagai Regulator Sangat Diperlukan 

NTMC POLRI – Dosen Teknik Universitas Jember Sonya Sulistyono, S.T.,M.T mengatakan, dinamika perangkutan sangat fenomenal dimana era digital serta aplikasi teknologi sudah merambah pada pelayanan angkutan jalan.

“Maka dari itu, transformasi regulasi UU 22/2009, tentang angkutan daring, kehadirannya untuk menjawab perkembangan teknologi tersebut.” jelas Sonya pada acara Focus Group Discussin di gedung SIER, Surabaya, Kamis (24/5/2018).

Sonya berpendapat bahwa UU 22/2009 bertujuan untuk terwujudnya kamseltibcar, etika berkendara dan penegakkan hukum.

“Namun saat ini keberadaannya akan diganti hanya karena munculnya angkutan daring.” ungkapnya.

Dinamika teknologi yang berkembang pada sistem aplikasi daring menurut Sonya merupakan bagian dari Intelegent Transportation System yang selalu berkembang pesat.

“Akomodasi dari UU 22/2009 terhadap teknologi, lalulintas dan angkutan jalan harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan kesejahteraan dan ketertiban.” tambahnya.

Sonya berharap kehadiran Pemda dan Pemprov Jawa Timur sebagai regulator sangat diperlukan dalam mengatur regulasi angkutan daring.

“Harapannya proaktif dalam penegakan hukum perlu dilaksanakan dalam menjamin aspek keselamatan dalam berlalulintas, meminimalisir angkutan daring yang berpotensi terhadap gangguan lalulintas.” tutupnya.

author