Dua Inovasi Pelayanan Publik Resmi Diluncurkan Kakorlantas

NTMC POLRI – Korlantas Polri gelar Rakernis (Rapat Kerja dan Tekhnis) fungsi lalu lintas tahun anggaran 2019, Rabu (6/11/19) di Ballroom Discovery Kartika Hotel Plaza, Kuta Bali. Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri.,meresmikan dua inovasinya dalam pelayanan publik yakni BPKB PNBP Cashless dan Registrasi Online NRKB Pilihan.

Peresmian aplikasi di bidang lalu lintas ini dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pembayaran dan registrasi identifikasi kendaraan bermotor agar lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif.

“Pada aplikasi yang kita launching ini sangat membantu masyarakat, karena kita sudah meminimalkan cara-cara pembayaran dengan lebih mudah yaitu dengan Cashless.
Kedepan kita juga akan semua buat mudah seperti pembayaran STNK dan yang lainnya,” ucap Kakorlantas.

BPKB dan PNBP Cashless yang diluncurkan Korlantas Polri ini mulai berlaku juga hari ini. Namun untuk Registrasi Online RRKB Pilihan baru berjalan di 5 Polda. Peluncuran juga didukung langsung dengan simulasi tata cara mendaftarkan BPKB PNBP Cashless dan Registrasi Online NRKB Pilihan oleh personel Lantas Polri.

“Kita juga memberikan kemudahan kepada masyarakat bagi nomer pilihan yang ingin digunakan pada kendaraan. Registrasi Online NRKB Pilihan sudah berjalan di lima Polda, kemudian akan berjalan juga pada tahap dua di tahun selanjutnya pada 14 Polda dan yang tahap tiga 15 Polda. Pada akhirnya semua Polda sudah bisa menggunakan Registrasi Online NRKB Pilihan,” terang Kakorlantas.

Perlu diketahui, inovasi aplikasi registrasi online NRKB pilihan nasional bernama Ropilnas bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memilih NRKB pilihan dan melakukan pembayaran secara online.

Kemudian BPKB dan PNBP Cashless, merupakan pembayaran melalui nontunai melalui kode bayar virtual account, ini juga merupakan mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu.

 

author