Edukasi Masyarakat, Polda Kalsel Gelorkan Kampung Tertib Lalu Lintas

NTMC POLRI – Dalam rangka upaya memberi edukasi kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelorakan Kampung Tertib Lalu Lintas yang bisa dimulai dari lingkungan terkecil.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalsel, Kombes Pol. Andi Azis Nizar mengatakan kami ingin Kampung Tertib Lalu Lintas terus bertambah agar kesadaran tertib berlalu lintas semakin menggelora di masyarakat, Rabu (26/02).

Hal ini dilakukan karena lingkungan seperti perumahan penduduk sangat bagus menjadi tempat edukasi tertib berlalu lintas, sebab dapat terlihat oleh masyarakat.

“Kalau Polantas menggelar edukasi itu hanya sekali waktu saja. Tapi jika di lingkungan tempat tinggal terpampang segala aturan tertib berlalu lintas maka dapat dilihat setiap saat dan secara otomatis terus mengingatkan warga untuk tertib,” terang Dirlantas.

Salah satu Kampung Tertib Lalu Lintas yang mendapat apresiasi dari Dirlantas yaitu di Komplek Permata Baru Dua RT 13 Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Ada salah satu warga yang menurut Kombes Pol. Andi Azis patut diapresiasi, karena membentuk Kampung Tertib Lalu Lintas secara swadaya masyarakat atas kesadaran sendiri untuk menggelorakan tertib lalu lintas sejak dini.

“Dengan adanya Kampung Tertib Lalu Lintas otomatis seluruh warga yang ada di lingkungan perkampungan setempat jadi teredukasi, termasuk bagi-bagi anak sejak dini diberi tahu soal lalu lintas dengan adanya terpasang rambu-rambu dan sebagainya,” jelas Dirlantas.

Diharapkan kedepannya bisa menjadi contoh bagi desa atau kampung lainnya agar Kampung Tertib Lalu Lintas terus bertambah dari waktu ke waktu, sehingga tingkat kesadaran masyarakat untuk tertib di jalan raya semakin tinggi.

author