Empat Poin Arahan Kalemdiklat Polri Kepada Capaja 2019

109 views

NTMC POLRI – Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto memberikan pembekalan kepada 781 orang calon perwira remaja (Capaja) TNI dan Polri Tahun 2019 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/7/2019).

Dalam arahannya Kalemdiklat mengatakan karir perwira tidak berhenti hanya disini saja tetapi akan banyak jalan yang dilalui selama 36 tahun kedepan.

“Tanggal 16 Juli saat pelantikan Prasetya Perwira nanti bukan akhir sebagai perwira, cukup panjang jalan yang akan kalian lalui kedepan.” kata Kalemdiklat.

Kalemdiklat berharap kepada Capaja agar menjaga hubungan harmonis seperti saat ini selama bertugas di TNI-Polri bahkan sampai ke liang lahat.

“Jangan numpang hidup saja di institusi ini tapi harus bisa menjadi perwira pemimpin yang akan menjadi garda terdepan dan benteng terakhir NKRI. Bermetamorfosis dari telur, ulat, kepompong dan kupu-kupu. Saat ini kalian menjadi kupu-kupu.” ungkap Kalemdiklat.

Kedua lanjut Kalemdiklat, selama meniti karir Capaja akan berkompetisi, maka membangun karir haruslah dengan kompetensi dan prestasi. (Adhi Makayasa) tidak puas dengan yang sudah dicapai atau puas diri.

“Ketiga, saat penempatan kalian akan masuk di medan masing-masing. Bawa peta dan kompas. Pendidikan selama 4 tahun ini jadikan bekal. Pilih teman senior yang baik dan tidak menyesatkan. Kenali dan pilih lingkungan yang bisa menumbuhkan kesuksesan.” terang Kalemdiklat.

Adapun yang keempat, Kalemdiklat mengingatkan jati diri TNI-Polri sebagai pilar utama NKRI. Selalu memegang teguh sumpah anggota, sumpah jabatan dan doktrin TNI-Polri diantaranya sumpah prajurit, Sapta Marga, dan Tri Brata/Catur Prasetya.

“Jadikan semuanya melekat dalam hati sanubari dan tak lekang oleh situasi. Jabatan adalah amanah, tugas adalah ibadah. Amanah harus dipertanggungjawabkan dan ibadah harus ikhlas dan sungguh-sungguh. Sedang promosi pangkat dan jabatan adalah bonus.” jelas Kalemdiklat.

Dalam pembekalan turut hadir Komandan Jenderal Akademi TNI Laksamana Madya Aan Kurnia, Gubernur Akmil dan Akpol serta pejabat utama Lemdiklat Polri.

author