Gelar Aksi Peduli Penghijauan dan Peningkatan Ekonomi Warga Pesisir, Panglima TNI Bangga Kepada Polri

NTMC POLRI – Aksi peduli penghijauan dan meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir. Mabes Polri menggelar aksi penanaman pohon mangrove dan penaburan benih ikan di kawasan pesisir pantai Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Tangerang, Banten. Jumat 21/2/2020.

Hadir sebagai pembuka acara Kapolri Jendral Polisi Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Turut pula hadir Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Kepala BNPB Doni Monardo, Bupati Tangerang Ahmed Zaki, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andriyanto, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dan perwakilan kementerian serta pejabat utama Mabes Polri dan Mabes TNI, juga masyarakat sekitar pesisir desa Ketapang.

Acara ini digelar sebagai wujud Polri mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan menjaga alam untuk kelangsungan hidup generasi penerus bangsa.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya sangat bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Polri.

“Saya sangat bangga kepada Polri, karena ditengah kesibukan tugasnya yang berat dalam menjaga keamanan dalam negeri, tetapi masih peduli terhadap kelestarian alam dan kesejahteraan hidup masyarakat sekitar,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI menilai bahwa keberadaan hutan mangrove yang baik akan menjaga kelestarian pantai dan ekosistem laut. Selain itu juga dapat menjaga kehidupan masyarakat sekitar dari bencana.

“Karena tanpa hutan bakau lingkungan sekitar pantai akan mudah rusak, banyak pula di Indonesia daratan bibir pantai yang habis tergerus ombak karena tidak adanya penahan ombak alami. Saya berharap kegiatan inovasi dari Polri ini bisa menginspirasi kita,” lanjut Panglima TNI.

Sementara itu, Kapolri Jendral Polisi Idham Azis mengatakan bahwa kegiatan di sini hanya simbolis, karena kegiatan Polri peduli hari ini juga digelar secara serentak di 34 Polda se-Indonesia.

“Ini merupakan tanggungjawab bersama demi kelangsungan generasi ke depan. Marilah kita sama-sama peduli terhadap lingkungan. Saya harap apa yang dilakukan hari ini bukan hanya seremonial semata, masayarakat sekitar silahkan jaga dan kelola dengan baik. Sehingga anak cucu kita nanti bisa merasakan,” ucap Kapolri.

author